Pengaruh Kurikulum, Motivasi Dan Kemampuan Penulisan Karya Ilmiah Terhadap Penyelesaian Tugas Akhir (TA) Mahasiswa Prodi DIII Teknik Komputer Politeknik Harapan Bersama

Adi Candra Kusuma, Ida Afriliana, Eko Budihartono

Abstract


Tuntutan dalam Tugas Akhir bagi mahasiswa Diploma adalah untuk melaksanakan proses penelitian secara benar sesuai dengan kaidah yang berlaku tanpa ada keharusan menemukan dan mengoreksi teori yang telah adakurang kesiapan mahasiswa menghadapi tugas akhir, 2) rendahnya motivasi mahasiswa untuk menyelesaikan tepat waktu, 3) kurangnya substansi informasi (seminar, workshop) berkaitan dengan hardware bagi mahasiswa yang mengambil tema hardware, 4) sumber referensi belajar mahasiswa hanya terpaku pada dosen, 5) lingkungan mahasiswa yang tidak mendukung untuk menyelesaiakan tugas akhir seperti pengaruh teman, kurang mendapatkan dorongan keluarga, dan keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kurikulum, Motivasi Dan Kemampuan Penulisan Karya Ilmiah Terhadap Penyelesaian Tugas Akhir (TA) Mahasiswa Prodi DIII Teknik Komputer. Penelitian ini adalah Penelitian kuantitatif dengan melakukan pengujian uji normalitas,  uji korelasi, uji regresi linear sederhana dan uji regresi linear berganda. Dengan Hasil Penelitian menunjukkan Besar pengaruh hubungan motivasi (X1), Kurikulum prodi (X2), kemampuan Penulisan karya ilmiah (X3) secara bersama-sama terhadap penyelesaian tugas akhir mahasiswa (Y) sebesar 88,5%. Secara Parsial diperoleh besar pengaruh faktor motivasi (X1) sebesar 48,1%, Kurikulum prodi (X2) sebesar 75,7%, dan kemampuan Penulisan karya ilmiah (X3) sebesar 40,9%. Persamaan regresinya .

Keywords


Tugas Akhir, Kurikulum, Motivasi, Karya Ilmiah

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara Herda, Stevi. 2014. Motivasi Serta Faktor Pendukung Dan Faktor Penghambat Mahasiswa Asal Kalimantan Barat Yang Melanjutkan Pendidikan Di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta: FKIP UMS. Karunia, Anita,dkk. 2016. Praktikum Statistik. Tegal: Politeknik Harapan Bersama Kusuma, Aditya Tdjipta & Endang Sri Indrawati. 2011. Procrastination In Completing The Thesis (Phenomenological Qualitative Study On Psychology Colleger Of Diponegoro University Semarang). Semarang: UNDIP Kusuma, A.C., (2017). Efektifitas Pembelajaran Tutor Sebaya Berbantuan Modul Untuk Meningkatkan Komunikasi Matematik Mahasiswa. CAKRAWALA Jurnal Pendidikan, 11(2). Rusmawati, Kadek Rini dkk. 2014. Faktor-faktor yang mempengaruhi terhambatnya Penyelesaian studi mahasiswa jurusan pendidikan Ekonomi tahun 2012/2013. Denpasar: Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Vol 4 No 1. Siswanto, Ibnu & Yoga Guntur Sampurno. 2009. Faktor-faktor penghambat penyelesaian tugas akhir skripsi Mahasiswa pendidikan teknik otomotif FT UNY. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Taman Vokasi 3 Nomor 32 Tahun 2015 Sukestiyarno. 2012. Olah Data Penelitian Berbantuan SPSS. Semarang: UNNES




DOI: http://dx.doi.org/10.24905/cakrawala.v12i2.1011

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Cakrawala: Jurnal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

   

 

__________________________________________________

Cakrawala: Jurnal Pendidikan
Fakultas Keguruaan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal
Jl. Halmahera KM. 1. Tegal
Jawa Tengah, Indonesia - Kode Pos: 52121

 

Lisensi Creative Commons
Cakrawala by http://e-journal.upstegal.ac.id/index.php/Cakrawala is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusion-ShareAlike 4.0 Internasional licence.

__________________________________________________