Penerapan Model Pembelajaran “Project-Based Learning” (PBL) pada Pengajaran Listening

Yulia Nur Ekawati, Noeris Meiristiani, Anin Eka Sulistyawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu bagaimana penerapan model pembelajaran PBL di kelas Listening. Sampel yang digunakan adalah mahasiswa semester empat program studi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Pancasakti Tegal. Instrumen penelitian yaitu dokumentasi (rekaman) dan angket. Rekaman digunakan untuk menjelaskan penerapan model PBL di kelas Listening. Sedangkan angket digunakan untuk mencari data tentang respon mahasiswa. Peneliti menganalisis hasil rekaman berdasarkan langkah-langkah penerapan model PBL. Selanjutnya untuk menganalisis data angket, peneliti menggunakan tabel dan prosentase respon tingkat persetujuan responden terkait penerapan model PBL di kelas Listening. Hasil rekaman menjelaskan langkah-langkah penerapan model PBL yaitu: (1) menentukan topik bahasan, (2) membentukan kelompok, (3) mengerjakan tugas-tugas, (4) merencanakan presentasi, (5) melakukan presentasi, dan (6) evaluasi. Hasil angket menunjukkan adanya respon positif terhadap penerapan model PBL di kelas Listening dengan tingkat respon persetujuan sebesar 90,5%. Dari data tersebut, dapat disimpulkan bahwa model PBL ini dapat diterapkan di kelas Listening.

Kata Kunci: Project-Based Learning, Mendengarkan (Listening), Aspek Makro Mendengarkan

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24905/cakrawala.v12i2.1035

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Cakrawala: Jurnal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

   

 

__________________________________________________

Cakrawala: Jurnal Pendidikan
Fakultas Keguruaan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal
Jl. Halmahera KM. 1. Tegal
Jawa Tengah, Indonesia - Kode Pos: 52121

 

Lisensi Creative Commons
Cakrawala by http://e-journal.upstegal.ac.id/index.php/Cakrawala is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusion-ShareAlike 4.0 Internasional licence.

__________________________________________________