Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu bagaimana penerapan model pembelajaran PBL di kelas Listening. Sampel yang digunakan adalah mahasiswa semester empat program studi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Pancasakti Tegal. Instrumen penelitian yaitu dokumentasi (rekaman) dan angket. Rekaman digunakan untuk menjelaskan penerapan model PBL di kelas Listening. Sedangkan angket digunakan untuk mencari data tentang respon mahasiswa. Peneliti menganalisis hasil rekaman berdasarkan langkah-langkah penerapan model PBL. Selanjutnya untuk menganalisis data angket, peneliti menggunakan tabel dan prosentase respon tingkat persetujuan responden terkait penerapan model PBL di kelas Listening. Hasil rekaman menjelaskan langkah-langkah penerapan model PBL yaitu: (1) menentukan topik bahasan, (2) membentukan kelompok, (3) mengerjakan tugas-tugas, (4) merencanakan presentasi, (5) melakukan presentasi, dan (6) evaluasi. Hasil angket menunjukkan adanya respon positif terhadap penerapan model PBL di kelas Listening dengan tingkat respon persetujuan sebesar 90,5%. Dari data tersebut, dapat disimpulkan bahwa model PBL ini dapat diterapkan di kelas Listening.

Kata Kunci: Project-Based Learning, Mendengarkan (Listening), Aspek Makro Mendengarkan

Article Details