Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengembangan model pembelajaran berbasis multimedia untuk meningkatkan efektivitas kemampuan reading mahasiswa, sebab dengan peningkatan kemampuan reading akan membantu keberhasilan mahasiswa dalam mengikuti perkembangan dunia di bidang ilmu dan teknologi, mengingat sebagian besar karya-karya ilmiah di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi dirilis dalam bahasa Inggris. Partisipan dari penelitian ini adalah mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian true experimental design dengan jenis rancangan pre-test post-test one design, dengan tahapan meliputi persiapan, pelaksanaan dan pelaporan. Hasil dari penelitian adalah bahwa model pembelajaran berbasis multimedia efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca (reading comprehension) mahasiswa. 

Keywords

multimedia learning model reading comprehension Indonesia EFL reading for general purposes

Article Details

References

  1. Braguglia, K. H. (2005). Reading habits of business students. Journal of College Teaching & Learning 2(3): 67-72. Grabe, W. (2009). Reading in a second language: Moving from theory to practice, Ernst Klett Sprachen. Ivers, K. S. and A. E. Barron (1998). Multimedia projects in education: Designing, producing, and assessing, Libraries Unlimited Englewood, CO. Mayer, R. E. (2017). "Using multimedia for e‐learning." Journal of Computer Assisted Learning 33(5): 403-423. Mayer, R. E., et al. (2014). Multimedia learning in a second language: A cognitive load perspective. Applied Cognitive Psychology 28(5): 653-660. Smaldino, Sharon E., Lowther , Deborah L., Russel, James D. (2008). Instructional Technology and Media for Learning (Ninth Edition). NJ: Pearson Education Inc. Türk, E. and G. Erçetin (2014). Effects of interactive versus simultaneous display of multimedia glosses on L2 reading comprehension and incidental vocabulary learning. Computer Assisted Language Learning 27(1): 1-25.