Main Article Content

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar menulis puisi yang bermuatan kebhinekaan Pancasila untuk siswa SMP di Kota Tegal. Bahan ajar khusus menulis puisi masih sangat minim ketersediaanya. Materi menulis puisi hanya sebatas garis besar saja. Kurangnya bahan ajar menyebabkan kemampuan siswa dalam menulis puisi menjadi rendah. Penelitian ini menggunakan pendekatan research and development (R&D) yang dilakukan dengan lima tahapan, yaitu: (1) survei pendahuluan; (2) pengembangan prototipe bahan ajar menulis puisi bermuatan kebhinekaan Pancasila (3) penilaian prototipe bahan ajar; (4) perbaikan/revisi prototipe bahan ajar; dan (5) Ujicoba efektifitas bahan ajar yang dikembangkan. Analisis kebutuhan menggunakan angket, sementara validasi prototipe bahan ajar menggunakan lembar uji validasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Bahan ajar menulis puisi diintegrasikan dengan muatan nilai kebhinekaan Pancasila sebagai upaya untuk mereduksi paham radikal pada siswa SMP di Kota Tegal. Muatan kebhinekaan Pancasila dalam bahan ajar disematkan dalam pemilihan tema dan contoh puisi-puisi yang dihadirkan. Siswa yang membaca dan menulis puisi yang bermuatan kebhinekaan Pancasila diharapkan memiliki pemahaman tentang nilai luhur Pancasila. Siswa yang memahami nilai luhur Pancasila akan mampu mereduksi paham radikal yang diterimanya baik dari media maupun interaksi di lingkungan Pancasilanya.

 

Kata kunci: bahan ajar, menulis puisi, kebhinekaan Pancasila, radikalisme.

Keywords

bahan ajar menulis puisi kebhinekaan pancasila

Article Details

References

  1. DAFTAR PUSTAKA
  2. Asmaroini, AP. 2017. “Menjaga Eksistensi Pancasila Dan Penerapanya Bagi Masyarakat di Era Globalisasi”. JPK: Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, Vol. 1, No. 2, Hal 50-64.
  3. Depdikbud. 2006. Pedoman Memilih dan Menyusun Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.
  4. Effendi, D. 2010. Pluralisme dan kebebasan Beragama. Yogyakarta: Interfidei.
  5. Kaelan. 2002. Filsafat Pancasila. Yogyakarta: Paradigma.
  6. Muchson, AR. 2002. Dasar-Dasar Pendidikan Moral. Yogyakarta: UNY.
  7. Prastowo, A. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.
  8. Pusat Perbahan ajaran. 2008. Pedoman Penulisan Bahan ajar Nonteks (Bahan ajar , Referensi, dan Panduan Pendidik). Jakarta: Depdiknas.
  9. Majid, A. 2007. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya
  10. Sitepu, B.P. 2012. Penulisan Bahan ajar Teks Pelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  11. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
  12. Suroso, 2007. Panduan Menulis Artikel dan Jurnal. Yogyakarta: Elmatera Publishing.
  13. Suwarno, P.J. 1993. Pancasila Budaya Bangsa Indonesia. Yogyakarta: Kanisius.