Main Article Content

Abstract

Abstrak
Pendidikan adalah salah satu elemen terpenting dalam kehidupan, dari pendidikan kita bisa belajar berbagai hal sehingga bisa bermanfaat bagi banyak orang. Oleh karena itu pendidikan dirasa sangaat penting meskipun diterapkan pada anak yang masih berusia sangat muda. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan salah satu wadah yang telah disediakan pemerintah bagi balita dan anak kecil untuk menjadi pijakan awalnya dalam dunia pendidikan. Media digunakan guru untuk menyampaikan materi pelajaran kepada siswa sehingga kegiatan pembelajaran dapat berlangsung efektif, efisien, dan menarik. Pemilihan media dilakukan guru berdasarkan isi materi dan metode pelajaran yang digunakan. Video merupakan media yang menarik untuk membelajarkan ilmu pengetahuan alam kepada siswa khususnya pada mata sentra persiapan. Pemilihan media yang dilakukan oleh guru sangatlah penting. Seorang guru dapat menggunakan berbagai alternatif media pembelajaran yang diperkirakan dapat membantu siswa untuk memahami materi pembelajaran. Beberapa media yang dapat digunakan dalam sentra persiapan antara lain media cetak, flanel, papan, media elektronik dan sebagainya. Salah satu media elektronik yang dapat digunakan dalam sentra persiapan adalah perangkat lunak pembelajaran berbasis komputer. penelitian ini termasuk ke dalam penelitian pengembangan. Metode penelitian Recearch And Development (R & D). Metode penelitian ini digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan mengkaji keefektifan produk tersebut. pengembangan perangkat pembelajaran matematika yang berupa Silabus, Rencana Kegiatan Bulanan (RKB), Rencana Kegiatan Harian (RKH), Buku Pembelajaran materi sentra persiapan semester dua pendidikan anak usia dini usia 4-6 tahun. Persentase Siswa yang tuntas 19 dan dipresentasekan 90,4% artinya siswa telah mencapai kompetensi yang telah ditetapkan yaitu memahami masalah yang berkaitan dengan pengenalan angka. Selain itu siswa juga memenuhi kriteri ketuntasan secara klasikal , karena persentase jumlah siswa yang tuntas sebesar 90,4%, sehingga dapat dikatakan bahwa secara keseluruhan siswa telah mencapai kompetensi yang telah ditentukan. dari hasil ini menunjukan bahwa pembelajaran ini bisa dikatakan efektif karena nilai siswa yang tuntas sebesar 90,4%.
kata kunci: Pendidikan, PAUD, Sentra, Video, Youtube

Article Details

References

  1. Alex S, Pengembangan kemitraan lembaga kursus dan Pelatihan (lkp) dengan dunia usaha dan dunia Industri (dudi) untuk penjaminan mutu LKP, INFOKAM Nomor I Th. XII/MARET/ 2016
  2. Anita Yus. Model Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana. (2011).
  3. Azhar Arsyad. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. (2011).
  4. Andi S, Tri L, Arief S, Aplikasi android sebagai media alternatif promosi produk dan training di pt djarum berbasis augmented reality, Jurnal SIMETRIS, Vol 6 No 2 November 2015
  5. Buku Panduan Tata Kelola Badan akreditasi Provinsi PAUD dan Pendidikan Non Formal tahun 2017
  6. Faiq A, Kualitas Pelayanan Pendidikan Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Dian Gitaya, Jurnal Pendidikan Teknik Boga 2017
  7. Hasyim, Adelina. Metode Penelitian dan Pengembangan Di Sekolah. Yogyakarta: Media Akademi. 2016.
  8. Hobri. Metodologi penelitian pengembangan (developmental research). (Jember: universitas jember, 2009).
  9. Ichwani T, Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Kualitas di Lembaga Kursus dan Pelatihan Magistra Utama Kota Semarang, Journal of Nonformal Education 2015
  10. Puji H, Ishak A, Joni R, Kontribusi Kompetensi Instruktur terhadap hasil belajar Peserta didik Level II Kursus Menjahit di LPK Putra Kencana 2 Bandung, Jurnal Pendidikan Luar Sekolah Volume 1, April 2017
  11. Santrock, J. W. Perkembangan Anak. (Jakarta: Penerbit Erlangga, 2007).
  12. Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitataif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  13. Yeni Rachmawati & Euis Kurniati. Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. (2010).
  14. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang system pendidikan nasional