Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan model evaluasi program pembelajaran (EKOP) teknik komputer dan jaringan di SMK. Sampel ujicoba berjumlah 402 responden. Ujicoba dilaksanakan di beberapa wilayah kota padang. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan metode rating scale dan inventori sikap. Teknik menganalisis data menggunakan metode pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan pada analisis data diperoleh hasil yang dapat ditarik kesimpulan adalah: a). EKOP di teknik komputer dan jaringan sudah sesuai data di lapangan; b). model evaluasi EKOP adalah model evaluasi yang sangat baik dalam penilaian proses dan hasil. Hal tersebut didasari pada hasil dan proses penilaian pemakai, pakar, maupun praktisi pembelajaran teknik computer dan jaringan; serta c). penilaian para pemakai, pakar maupun praktisi pembelajaran teknik komputer menujukkan bahwa pedoman penilaian evaluasi cukup sangat baik sebagai dasar atau acuan  untuk mengimplementasi model evaluasi EKOP pada teknik komputer dan jaringan di SMK; serta d). model EKOP menerapkan alur berpikir yang sistematis dan sistemik.

Keywords

EKOP, Model Evaluasi, Kualitas Output Pembelajaran

Article Details

References

  1. A., Imron. (2020). Evaluasi program pembelajaran mata pelajaran ekonomi kelas xi di ma al-iman bulus gebang purworejo tahun pelajaran 2018/2019. Evaluasi program pembelajaran : 231-238.
  2. Aman. (2013). Pengembangan Model Evaluasi Program Pembelajaran Sejarah Di Sma. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. 16. 437-456.
  3. Borg, W. R. & Gall, M. D. (2003). Educational research: an introduction (7th ed.). New York: Longman, Inc.
  4. Djemari Mardapi. (2000). Evaluasi pendidikan. Makalah disampaikan pada Konvensi Pendidikan Nasional tanggal 19 – 23 September 2000 di Universitas Negeri Jakarta.
  5. Eko Putro Widoyoko, S. 2011. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  6. Hadi, S., & Suryono, Y. (2014). Pengembangan model evaluasi pendidikan kecakapan hidup pada pendidikan luar sekolah.
  7. Kirkpatrick, D. L. 1998. Evaluating training programs, The four levels (2nd ed.). San Francisco: Berrett-Koehler Publisher, Inc
  8. M., Shabir U. (2015). Kedudukan Guru Sebagai Pendidik: (Tugas dan Tanggung Jawab, Hak dan Kewajiban, dan Kompetensi Guru). AULADUNA, Vol. 2 no. 2 Desember 2015: 221-232
  9. P., Ashiong, Munthe. (2015). Pentingya Evaluasi Program Di Institusi Pendidikan: Sebuah Pengantar, Pengertian, Tujuan dan Manfaat, Tanggerang, jurnal Scholaria, Vol. 5, No. 2, Mei: 1 - 14)
  10. Plomp, T. (1997). Development research on/in educational development. Netherlands: Twente University.
  11. Purwanto. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.
  12. Stufflebeam, D. L. & Shinkfield, A.J. 1985. Systematic evaluation. Boston: Kluwer Nijhof Publishing.
  13. Sudiyono, A. (2003). Pengantar evaluasi pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada