Main Article Content
Abstract
Goals research ini untuk mendeskripsikan penerapan kurikulum 2013, khususnya pada mata pelajaran IPA di SMK Negeri 1 Payakumbuh. Kurikulum 2013 merupakan salah satu strategi pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan. SMK Negeri 1 Payakumbuh ialah salah satu sekolah yang sudah menerapkan atau mengimplementasikan kurikulum sejak 2014. Evaluation research ini berangkat dari sebuah problem yang ditemukan pada penerapan kurikulum 2013 di SMK Negeri 1 Payakumbuh, khususnya IPA. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru IPA di SMK Negeri 1 Payakumbuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Research ini mendeskripsikan bagaimana penerapan kurikulum 2013 di sekolah didasarkan pada model evaluasi countenance stake dan dipandu oleh standar yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Pada tahap pendahuluan, 100% memenuhi standar alat Kurikulum 2013 dan perencanaan pembelajaran; 2). Pada tahap transaksi, 40% belum memenuhi ketentuan untuk implementasi pembelajaran dan 40% belum memenuhi standar untuk penilaian otentik; 3). Pada tahap hasil 83,3% tidak memenuhi ketentuan untuk hasil penilaian otentik
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The authors who publish in Cakrawala: Jurnal Pendidikan agree to the following terms:1.   This journal provides immediate open access to its content. All the articles are licensed under a Creative Commons Atribusi-ShareAlike (CC BY-SA),
2.   Authors grant the journal right of (1) first publication and distribution of the article, (2) making it available to public, (3) public presentation.
3.   Authors have the right to enter into separate contractual arrangements for posting the article to an institutional repository or publish it in a book with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
4.   Authors are permitted to post citations from their work online (e.g. on their website) with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
References
- Direktorat Pembinaan, S. D., & Dasar, D. J. P. (2013).
- Kemendikbud. (2013). Buku Panduan Penguatan Proses Pembelajaran Kurikulum.
- Kemendikbud. (2013). Permendikbud No.65 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
- Mardapi, D. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Yogyakarta: Mitra Cendekia.
- Mendikbud. (2016.a). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayan RI No.22 tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
- Mendikbud. (2016.b). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayan RI No.23 tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
- Noviatmi, A. (2015). Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 Kelas I & IV SD Di Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2014/2015 (Doctoral dissertation, UNY).
- Nurmin, N., & Kartowagiran, B. (2013). Evaluasi Kemampuan Guru dalam Mengimplementasi Pembelajaran Tematik di SD Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah. Jurnal Prima Edukasia, 1(2), 184-194.
- Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang, R. I. No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Sinar Grafika.
- Wasino. (2016). Evaluasi Kurikulum 2013 Dikalangan Guru SMK di Cluster 2 Kabupaten Boyolali Tahun 2015: Analisis RPP dan Pelaksanaan Pembelajaran (Tesis, Magister Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana FKIP-UKSW).
- Widoyoko, E. P. (2009). Evaluasi program pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.