Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan model pembelajaran SETS metode praktikum. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan adalah pre test post test design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VII. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling yaitu kelas VII D berjumlah 32 anak dan kelas VII E yang berjumlah 32 anak. Instrumen yang digunakan adalah tes berupa soal-soal tes kemampuan berpikir kritis, angket untuk mengukur respon peserta didik terhadap model pembelajaran SETS metode praktikum dan lembar observasi. Analisis diuji menggunakan Uji T dan Uji N-Gain. Berdasarkan hasil analisis data uji T diperoleh sig. 2 tailed 0,00 < 0,05 menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis. Hasil uji N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 68% menunjukkan cukup efektif. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran SETS metode praktikum cukup efektif diterapkan pada pembelajaran dan terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis pada peserta didik.

Keywords

Berpikir Kritis, Model Pembelajaran SETS, Metode Praktikum

Article Details

Author Biographies

Bayu Widiyanto, Prodi Pendidikan IPA UPS Tegal

Dosen Biologi

Prodi Pend. IPA UPS Tegal

Mobinta Kusuma, Prodi Pendidikan IPA UPS Tegal

dosen Prodi Pend. IPA UPS Tegal

References

  1. Alvonco, J. (2013). The way Thinking. Jakarta.
  2. Fitriyana, D. N. (2013). Pengaruh Pembelajaran Kimia dengan Metode Student Team Achievement Division (STAD) yang Dilengkapi Eksperimen Laboratorium Rill dan Virtual Terhadap Prestasi Belajar pada Materi Pokok Koloid Ditinjau dari Kemampuan Memori Siswa Kelas XI IA SMA N 8 Surakar. Pendidikan Kimia (JPK), 2(3), 130–138.
  3. Hibra, B. . dan A. S. (2016). Analisis Pengembangan Media Permainan Truth and Dare untuk Meningkatkan Pemahaman dan Hasil Belajar Siswa SMA. Pendidikan Ekonomi, 4(3), 1–5.
  4. Hotimah, H. (2008). Pengembangan Model Pembelajaran IPA Terpadu Bervisi SETS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP.
  5. Ita, N. dan L. (2014). Pengaruh Model Problem Based Instruction (PBI) melalui Lembar Kerja Siswa (LKS) pada Mata Pelajaran Pkn Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Lamongan. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 2(2).
  6. Kadir, A. (2015). Perbandingan Pengetahuan Lingkungan dan Sikap Peserta Didik dalam Penerapan Model Pembelajaran SETS dan Konvensional.
  7. Maimunah, H. A. (2016). Penggunaan Model Pembelajaran Science Environment Technology and Society (SETS) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah. Formatif, 6(2), 134–140.
  8. Poedjiadi, A. (2005). Sains Teknologi Masyarakat. Bandung.
  9. Putra, P. D. . dan S. (2015). Pengembangan Sistem E-learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Fisika. Fisika Indonesia, 19(2), 45–48.
  10. Rustia, E.A., A. L. dan H. S. (2015). Pengembangan Permainan Gaprek Kempung sebagai Media Pembelajaran Materi Pemanasan Global Siswa SMP Kelas VII. Fisika Indonesia, 2, 1–7.
  11. Sulistyowati, W. dan. (2014). Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta.
  12. Suryadi, L., E. B. . dan R. A. . (2017). Implementasi Metode Praktikum Berbasis Lingkungan pada Materi Reaksi Kimia Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Al Jihad Nanga Tepuai Kapuas Hulu. Ilmiah, 5(1).
  13. Tirunch, D.T., Mieke D.C., Ataklti G. W., J. E. % R. J. (2017). Measuring Critical Thinking in Physics: Development and Validation of a Critical Thinking Test in Electricity and Mgnetism. International Journal of Science and Mathematic Education, 15, 663–682.
  14. Trihastuti, Yunita, D. R. dan P. A. (2017). Pengaruh Penerapan Model SETS (Science, Environment. Technology and Society) Terhadap Literasi Sains Siswa Kelas VII SMP.
  15. Widiantini, Ni N. A. S., M. Putra, dan I. W. W. (2017). Model Pembelajaran SETS (Science, Environment, Technology Society) Berbantuan Virtual Lab Berpengaruh Kompetensi Pengetahuan IPA. Of Education, 1(2), 141–148.
  16. Winayah, I. R. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dengan Metode Praktikum dalam Pembelajaran IPA Fisika Kelas VIII B SMPN 7 Jember Tahun Pelajaran 2011/2012. Pendidikan Fisika.
  17. Yalaki, Y. (2016). Improving University Student Science Technology Society Environment Competencies. International Journal of Progressive Education, 12(1), 90–98.
  18. Yoruk, Nuray, I. M. dan N. S. (2010). The effect of science, technology, society, environment (STSE) interactions on teaching chemistry, 2(12), 1417–1424.
  19. Zhang, Tengyuan, Eaton Asher, E. a. (2017). Thinking about Science: Understanding the Science. Tevhnology, Society and Environment Education of Canada. International Journal of Education and Social Science, 4(2).
  20. Zulita, A. D. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Science, Environment, Technology and Society (SETS) Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Kreatif Siswa pada Konsep Fluida Dinamis.