Main Article Content

Abstract

Evaluasi program pengembangan instrumen Prakerin adalah sebuah instrumen yang sudah dikembangkan kemudian digunakan mengevaluasi sebuah program Prakerin keahlian TKJ di SMK yang meliputi komponen masukkan antara lain: siswa, guru produktif, kurikulum, dan sarpras, komponen process antara lain: kesiapan peserta didik, kinerja guru pendamping, kinerja pendamping DUDI, output program Prakerin kemanfaatan bagi para siswa serta DUDI. Pendekatan penelitian ini menggunakan Research and Development Model menurut (Borg, W R and Gall, M D. (2003), Pada pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner, interview, pengamatan, dan dokumentasi. Validitas instrumen dianalisis dengan korelasional bivariat antar skor indikator masing-masing dengan reliabilitas instrumen dan skor total dianalisis menggunakan alfa cronbach. Penelitian ini menunjukkan sebuah hasil antara lain: komponen input 98,9%, proccess 96,6%, dan product 96,7%, instrument yang dikembangkan sudah valid tergolong sangat baik. Koefisien reliability kuesioner siswa 0,963, guru produktif 0,981, guru pendamping 0,942, pendamping dunia usaha dan dunia industri 0,961.

Keywords

pengembangan; evaluasi, instrumen

Article Details

References

  1. Arifin. (2013). Pengaruh Pelaksanaan Praktek Kerja Industri (Prakerin) Terhadap Kesiapan Kerja Siswa. Jurnal Pendidikan. Vol 4 Nomor 2. IKIP Veteran Semarang.
  2. Azizah., Murniati, AR., Khairuddin. (2015) Strategi kerjasama sekolah dengan dunia usaha dan dunia industri (du/di) dalam meningkatkan kompetensi lulusan pada SMK Negeri 3 Banda Aceh”. Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala. 3(2), 148-158.
  3. Borg, W. R. & Gall, M. D. (2003). Educational research: An introduction (7th ed.). New York: Longman, Inc.
  4. Dikmendikti. (2003). Undang-Undang Praktek Kerja Industri (Prakerin)
  5. Direktorat Pembinaan SMK. (2015). Praktik Kerja Lapangan (PKL) Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta: Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.
  6. Fajra, M., Ambiyar, A., Rizal, F., & Dakhi, O. (2020). Pengembangan Model Evaluasi Kualitas Output Pembelajaran Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Kota Padang. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 14(1), 1-9. https://doi.org/10.24905/cakrawala.v14i1.1480
  7. Masril, M., Jalinus, N., Jama, J., & Dakhi, O. (2020). Implementasi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Kurikulum 2013 Di SMK Negeri 2 Padang. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 12 (1), 12-25. https://doi.org/10.35457/konstruk.v12i1.956
  8. Sriwahyuni, T., & Dewi, I. (2018). Evaluasi Pelaksanaan Program Prakerin SMK Negeri Kota Padang. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 11(1), 115-123. https://doi.org/10.24036/tip.v11i1.105
  9. Stufflebeam, Daniel. (1967) Sytematic Evaluation. Boston Kluwer. Nijhoff Publishing.
  10. Suharto dan Suryanto. 2010. “Potensi Lulusan SMK Kota Semarang”. Jurnal Pengembangan Humaniora. Vol. 10 No. 2. Hal: 91-99.