Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan keefektifan model pembelajaran CIRC dalam pembelajaran keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Al Ikhlas Jatinegara Tahun Pelajaran 2019/2020.Pendekatan penelitian ini yakni pendekatan kuantitatif deskriptif dengan jenis penelitian eksperimen. Ada dua jenis variabel pada penelitian ini, yaitu variabel bebas, dan variabel terikat. Adapun variabel bebasnya yaitu model pembelajaran CIRC, dan variabel terikatnya yaitu keterampilan menulis puisi siswa. Populasi penelitian ini yakni siswa kelas VIII SMP Al Ikhlas Jatinegara dengan total jumlah 52 siswa. Teknik sampling yang digunakan yakni teknik non probability sampling dengan jenis sampling sensus. Teknik pengumpulannya menggunakan  tes dengan instrumen penelitian berupa pertanyaan pretest dan postest, dan kriteria penilaian kemampuan menulis puisi. Penelitian ini menggunakan uji-t aplikasi SPSS 16.0 dan perhitungan rumus manual sebagai teknik analisis data. Hasil penelitian ini yaitu model pembelajaran CIRC efektif digunakan dalam pembelajaran keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Al Ikhlas Jatinegara Tahun Pelajaran 2019/2020. Keefektifan model pembelajaran CIRC dapat ditunjukkan dari hasil analisis data dengan aplikasi SPSS 16.0 yaitu nilai signifikansi 2 tailed 0,000 kurang dari taraf signifikan 0,05. Selain itu pada perhitungan rumus manual menunjukkan bahwa thitung = 10,30 sedangkan t tabel = 1,67 dengan taraf signifikansi 0,05 dan derajat kebebasan 48. Dengan demikian hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima.


Kata Kunci: Menulis, Puisi, dan model pembelajaran CIRC

Keywords

Keefektifan Keterampilan menulis puisi Model pembelajaran CIRC

Article Details

References

  1. Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
  2. Aztry, A. 2012. “Keefektifan Model Sinektik Dan Penemuan Konsep Pada Pembelajaran Menulis Puisi Berdasarkan Tingkat Kemandirian Siswa Kelas VII SMP”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesi. 1 (2),1.
  3. Musyawir, dan Sulismayanti. 2018. “Keefektifan Strategi Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Dalam Menulis Karangan Argumentasi Kelas X SMA Negeri 1 Bua Ponrang”. Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. V4.i2, 416-427.
  4. Rachmawati, L. A. 2019. “The Effectiveness of Learning to Write Poetry with The Student Team Achievement Division (STAD) Model”. Journal of Primary Education. 8 (3), 248-253.
  5. Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Rajawalu Press.
  6. Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruz Media.
  7. Sinaga, S. D. 2018. “The Effect of Using CIRC (Cooperative Integrated Reading Composition) Technique In Improving The Students’ Reading Comprehension Achievement on Recount Text” Pendidikan Bahasa Inggris. 206,1.
  8. Siti, M. dkk. 2015. “Efektivitas Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Mind Mapping” Unnes Journal of Biology Education. 4 (3), 1.
  9. Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
  10. Sukardi. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
  11. Sukino. 2010. Menulis Itu Mudah. Yogyakarta: Pustaka Populer LKIS.
  12. Suyono, Mansur Muslich. 2010. Aneka Model Pembelajaran Membaca dan Menulis. Malang: Asih Asah Asuh.
  13. Yamin, Martinis. 2013. Strategi & Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: Referensi (GP Press Group).