Main Article Content

Abstract

Penelitian tindakan kelas (PTK) bagi guru matematika SMA sangat penting untuk mengembangkan keprofesiannya. Untuk meningkatkan kompetensi guru perlu dikembangkan sebuah model pelatihan PTK  berbasis pendampingan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah model pelatihan PTK berbasis pendampingan yang layak untuk meningkatkan profesionalitas. Metode penelitian research and development (R&D). Tahapan pengembangan memproduk, (a) buku pedoman pelatihan dan panduan instruktur; (b) buku panduan, dan modul materi bagi peserta; dan (c) model pelatihan PTK. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, observasi dan angket. Validasi model dilakukan oleh pakar dan praktisi. Uji coba model meliputi uji coba terbatas terhadap 16 guru dan uji coba diperluas terhadap 24 guru matematika SMA kabupaten Brebes. Hasil penelitian menunjukkan:(1) perangkat produk yang divalidasi pakar dan praktisi memperoleh rerata skor 62,15 (kualifikasi baik), (2) model final pelatihan hasil pengembangan layak diterapkan. layak ditandai dengan terdapat manfaat penggunaan model dengan rerata skor 3,59 (sangat tinggi), terdapat kepraktisan penggunaan model dengan rerata skor 3,48 (sangat tinggi), dan terdapat kelayakan model dalam pelatihan dengan rerata skor 3,58 (sangat tinggi), serta implementasi lapangan yang diprogramkan mampu menghasilkan produk laporan hasil penelitian PTK. Simpulan penelitian bahwa model final pelatihan PTK berbasis pendampingan dan perangkat pelatihannya layak di digunakan untuk meningkatkan profesionalitas guru matematika SMA di kabupaten Brebes.

Kata kunci: Pengembangan Model pelatihan, PTK, Pendampingan, Profesionalitas


Article Details