Pengaruh Metode Pembelajaran Debat Aktif Terhadap Hasil Belajar Siswa SMAN 1 Belitang Hilir

Erni Fatmawati, Imron Setiawan

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Rata-rata hasil belajar siswa menggunakan metode pembelajaran konvensional 2) Rata-rata hasil belajar siswa menggunakan metode pembelajaran debat aktif 3) Perbedaan rata-rata hasil belajar siswa. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen, desain penelitian Quasy Eksperimental Design dengan rancangan penelitian Nonequivalent control group design. Hasil penelitian menunjukkan bawa: 1) Rata-rata hasil belajar siswa menggunakan pembelajaran konvensional berada pada kategori baik dengan nilai 70,47; 2) Rata-rata hasil belajar siswa menggunakan pembelajaran debat aktif berada pada kategori sangat baik dengan nilai 81,17; 3) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa berdasarkan thitung (-5,429) ≥ ttabel (2,045) dengan nilai Sig. (2-tailed) 0,00 ≤ 0,05 sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak.

Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Debat Aktif, Hasil Belajar.

 


Keywords


active debating

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.2405/cak.v11i2.836

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 CAKRAWALA Jurnal Pendidikan

index: