Peningkatan Hasil Belajar KD Sistem Gerak Manusia melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning

Wahyuningsih Wahyuningsih

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini yaitu meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Comal Kabupaten Pemalang serta memperoleh pendekatan pembelajaran Biologi yang sesuai untuk kompetensi dasar  sistem gerak manusia. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus meliputi perencanaan (Planning), pelaksanaan (Acting), pengamatan (Observing), dan refleksi (reflecting). Hasil tes menunjukkan peningkatan nilai rata-rata dari 72,9 pada siklus I menjadi 84,2 pada siklus II. Hasil Angket respon siswa menunjukkan pada siklus I 65 % siswa tertarik terhadap pembelajaran kontestual dan 35 % siswa tidak tertarik, sedangkan pada siklus II terdapat 87,50 % siswa yang tertarik pada pembelajaran kontekstual dan 12,50 % siswa tidak tertarik terhadap pembelajaran kontekstual. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran CTL pada pokok bahasan sistem gerak manusia dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Comal Kabupaten Pemalang serta menunjukkan  bahwa pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan performance siswa.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning), Sistem Gerak Manusia

 


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24905/cakrawala.v11i2.837

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Cakrawala: Jurnal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

   

 

__________________________________________________

Cakrawala: Jurnal Pendidikan
Fakultas Keguruaan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal
Jl. Halmahera KM. 1. Tegal
Jawa Tengah, Indonesia - Kode Pos: 52121

 

Lisensi Creative Commons
Cakrawala by http://e-journal.upstegal.ac.id/index.php/Cakrawala is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusion-ShareAlike 4.0 Internasional licence.

__________________________________________________