Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Lingkaran dengan Metode Penemuan Terbimbing

Suharto Suharto

Abstract


Abstrak

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar materi pokok lingkaran serta kinerja guru dengan metode penemuan terbimbing. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Talang Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2015/2016 yaitu 32 siswa dan 2 guru matematika. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, implementasi, observasi dan refleksi. Hasil penelitian pada siklus I diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa 71,86 dengan nilai paling rendah 50 dan nilai tertinggi 90,00 serta siswa yang memperoleh nilai minimal 75 ada 14 siswa (43,75%). Sedangkan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 79,7 dengan nilai paling rendah 50 dan nilai tertinggi 100 serta siswa yang memperoleh nilai minimal 75 ada 27 siswa (84,4%). Hasil observasi terhadap guru pada siklus I guru belum efektif, persentase kinerja guru adalah 80,9%. Namun pada siklus II guru menunjukkan kenaikan menjadi 90,6%. Aktivitas siswa pada siklus I adalah 51,5%, sedangkan pada siklus II naik menjadi 87,5%. Penelitian ini membuktikan penerapan metode penemuan terbimbing dapat meningkatkan motivasi, hasil belajar dan kinerja guru.

Kata Kunci : Motivasi, Hasil Belajar, Lingkaran,  Penemuan Terbimbing.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24905/cakrawala.v11i2.841

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Cakrawala: Jurnal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

   

 

__________________________________________________

Cakrawala: Jurnal Pendidikan
Fakultas Keguruaan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal
Jl. Halmahera KM. 1. Tegal
Jawa Tengah, Indonesia - Kode Pos: 52121

 

Lisensi Creative Commons
Cakrawala by http://e-journal.upstegal.ac.id/index.php/Cakrawala is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusion-ShareAlike 4.0 Internasional licence.

__________________________________________________