Korelasi Kepemimpinan dan Perilaku Etis Kepala Sekolah dengan Motivasi Kerja dan Kinerja Guru SMP Pius Tegal

Dewi Apriani, Mustika Dewi Maria, Albert Rony Yulianto

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan mengukur koefisien hubungan kepemimpinan kepala sekolah dengan motivasi kerja guru; perilaku etis kepala sekolah dengan motivasi kerja guru; kepemimpinan dan perilaku etis kepala sekolah dengan motivasi kerja guru; serta motivasi kerja dengan kinerja guru. Subjek penelitian adalah 20 guru. Implikasi hasil penelitian: (1) kepala sekolah diharapkan mampu memimpin dan mengkoordinasi aktivitas sekolah sehingga hasilnya dapat dirasakan secara langsung oleh para guru, sekaligus meningkatkan motivasi kerja mereka; (2) kepala sekolah hendaknya selalu menampilkan sikap dan tindakan beretika agar para guru merasa diperhatikan dan dihargai sehingga meningkatkan semangat kerja mereka; (3) motivasi kerja guru tidak dapat dijadikan tolok ukur peningkatan kinerja guru, namun dapat diarahkan untuk meningkatkan produktivitas kerja di sekolah.

Kata kunci: kepemimpinan, perilaku etis, motivasi kerja dan kinerja guru.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.2405/cak.v11i2.844

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 CAKRAWALA Jurnal Pendidikan

index: