The Effect of “Numbered Heads Together” vs “Three Minutes Review” on Students’ Vocabulary Mastery

Chubbi Millatina Rokhuma

Abstract


Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menginvestigasi pengaruh teknik Numbered Heads Together dan Three Minutes Review terhadap penguasaan kosa kata siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan factorial design.  Penelitian ini juga melibatkan para siswa kelas 7 SMP Islam Simbang Wetan Pekalongan yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Kelas 7A dianggap sebagai grup eksperimen, sedangkan kelas 7B dianggap sebagai grup kontrol. Dalam hal ini, grup eksperimen diajar dengan menggunakan Numbered Heads Together, sedangkan grup kontrol diajar dengan menggunakan Three Minutes Review. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, dan tes. Berdasarkan perhitungan hasil penelitian, diperoleh bahwa Ftabel = 4.26 dan Fhitung = 17.39. Karena Fhitung > Ftabel, jadi Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara nilai post tes dari grup eksperimen dan pos tes dari grup control. Dengan kata lain, Numbered Heads Together lebih efektif dari pada Three Minutes Review dalam pengajaran kosa kata untuk anak-anak yang berkemampuan tinggi dan rendah.

Kata Kunci: numbered heads together, three minutes review, penguasaan kosa kata


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.2405/cak.v11i2.845

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 CAKRAWALA Jurnal Pendidikan

index: