Peningkatan Kemampuan Mendengarkan (Listening) Mahasiswa Bahasa Inggris Melalui Model Pembelajaran “Project-Based Learning”

Yulia Nur Ekawati

Abstract


Abstrak

Pentingnya penguasaan kemampuan mendengarkan dalam mempelajari bahasa Inggris menuntut peran pendidik (dosen) untuk dapat menerapkan proses pembelajaran yang menyenangkan, tidak membosankan, aplikatif dan interaktif. Berdasarkan studi terdahulu, model pembelajaran Project-Based Learning (PBL), dapat meningkatkan kemampuan mendengarkan dan berbicara peserta didik. Oleh karena itu, penelitian ini memiliki tujuan untuk mencari tahu: (a) bagaimana aktivitas belajar mahasiswa ketika dosen menggunakan model Project-Based Learning di kelas Listening, dan (b) sejauh mana peningkatan kemampuan mendengarkan mahasiswa melalui penerapan model Project-Based Learning. Sampel yang digunakan adalah mahasiswa semester tiga program studi pendidikan bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal, pada mata kuliah Listening in Professional Contexts. Untuk mendapatkan data, peneliti menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus. Ada empat tahapan pada setiap siklusnya, yaitu: Perencanaan, Implementasi Tindakan, Observasi dan Evaluasi, dan Refleksi. Setelah mendapatkan data dan dilakukan analisis, diharapkan hasilnya nanti dapat memberikan kontribusi nyata di kelas Listening, yaitu peningkatan kemampuan mendengarkan mahasiswa dan penerapan model PBL.

Kata Kunci: Kemampuan Mendengarkan, Project-Based Learning, PTK


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.2405/cak.v11i2.846

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 CAKRAWALA Jurnal Pendidikan

index: