Peningkatan Motivasi dan Keterampilan Menulis Drama Berbahasa Jawa dengan Model CTL Berbantuan Media Audiovisual

Geni Purbatini

Abstract


Abstrak

 Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan keterampilan menulis naskah drama Berbahasa Jawa pada siswa kelas XII IPA 3 SMA N I Kramat tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan model Contextual Teaching and Learning (CTL) yang berbantuan media audiovisual. Dari Hasil penelitian ini ada peningkatan motivasi belajar siswa dari rata-rata 68,1% pada siklus I menjadi 86,9% pada siklus II, sedang hasil belajar menulis naskah drama dari 75% pada siklus I menjadi 93,8% pada siklus II. Hal ini membuktikan bahwa dengan menggunakan model CTL berbantuan media audiovisual dapat meningkatkan motivasi siswa dan hasil belajar siswa dalam kompetensi keterampilan menulis naskah drama Jawa.

Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning, media, audiovisual


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24905/cakrawala.v11i2.847

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Cakrawala: Jurnal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

   

 

__________________________________________________

Cakrawala: Jurnal Pendidikan
Fakultas Keguruaan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal
Jl. Halmahera KM. 1. Tegal
Jawa Tengah, Indonesia - Kode Pos: 52121

 

Lisensi Creative Commons
Cakrawala by http://e-journal.upstegal.ac.id/index.php/Cakrawala is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusion-ShareAlike 4.0 Internasional licence.

__________________________________________________