Kinerja Guru sebagai Pengembang Kurikulum 2013

Suriswo Suriswo, Fikri Aulia

Abstract


Abstrak

 Tujuan dari penelitian ini, adalah untuk memperoleh informasi empirik mengenai kompetensi guru, serta kinerja guru dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi kurikulum 2013. Penelitian yang di laksanakan menggunakan pendekatan kualitatif berjenis studi kasus. Sesuai dengan karakteristik masalah yang dikaji, kegiatan penelitian ini didasarkan pada kajian deskriptif evaluatif. Karakteristik dari penelitian kualitatif ditandai oleh kegiatan untuk mengamati orang dalam situasi nyata baik dalam lingkungan berinteraksi, maupun untuk memahami perilaku orang yang diamati tersebut. Lokasi penelitian ini adalah di SMP N 1 Kota Tegal Propinsi Jawa Tengah dan Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah 1 orang, guru 10 orang, Siswa 1 orang, Waka Kurikulum 1 orang pada sekolah SMP N 1 Kota Tegal Propinsi Jawa Tengah Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kinerja guru sebagai pengembang kurikulum 2013 sudah baik namun masih banyak kekurangan tentang pemahaman konsep pembelajaran yang terdapat pada kurikulum 2013, kurikulum 2013 menekankan pada pengembangan karakter peserta didik, kurikulum 2013 sangat baik untuk peserta didik dalam mengembangkan proses berpikir dan berdiskusi.

Kata Kunci: Kinerja Guru, Pengembang Kurikulum, Kurikulum 2013


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.2405/cak.v11i2.848

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 CAKRAWALA Jurnal Pendidikan

index: