Penerapan Metode Field trip pada MK. Pendidikan Lingkungan Hidup untuk Meningkatkan Kepedulian Mahasiswa terhadap Permasalahan Sampah

Bayu Widiyanto

Abstract


Salah satu cara untuk meningkatkan rasa kepedulian manusia terhadap lingkungan yaitu dengan menerapkan metode field trip pada pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan penerapan metode field trip (pengamatan pengelolaan sampah di lapangan) terhadap peningkatan hasil belajar bab persampahan dan peningkatan kepedulian mahasiswa terhadap lingkungan. Metode field trip merupakan metode pembelajaran di luar kelas, dimana peserta didik akan diajak untuk mengunjungi sebuah lokasi. Dengan mengunjungi langsung lokasi yang berhubungan dengan materi pelajaran, diharapkan peserta didik lebih paham dan mendapatkan gambaran secara nyata tentang materi yang sedang dipelajari. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pretest-posttest control design. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan IPA FKIP UPS Tegal yang mengambil mata kuliah Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH). Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara tidak terstruktur, dokumentasi, laporan dan  tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar mahasiswa mengalami peningkatan yang ditunjukkan dengan ketuntasan klasikal dari 76% menjadi 88% setelah dilakukan metode field trip. Oleh karena itu diharapkan metode field trip menjadi salah satu referensi guru dalam menciptakan pembelajaran bidang IPA khususnya PLH yang lebih baik.


Keywords


field trip, hasil belajar, kepedulian terhadap lingkungan

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.2405/cak.v11i2.858

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Cakrawala: Jurnal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

   

 

__________________________________________________

Cakrawala: Jurnal Pendidikan
Fakultas Keguruaan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal
Jl. Halmahera KM. 1. Tegal
Jawa Tengah, Indonesia - Kode Pos: 52121

 

Lisensi Creative Commons
Cakrawala by http://e-journal.upstegal.ac.id/index.php/Cakrawala is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusion-ShareAlike 4.0 Internasional licence.

__________________________________________________