Manfaat Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Sejarah Terhadap Pembentukan Moral Peserta Didik

Sri Susanti, Wahyu Purwiyastuti, Emy Wuryani

Abstract


Penelitian ini dilakukan sebagai upaya menelusuri manfaat mata pelajaran IPS khususnya bidang sejarah yang berlangsung di kelas VIII SMP Kristen Satya Wacana, Salatiga. Permasalahan yang diteliti dilatarbelakangi oleh kepedulian terhadap situasi yang masih berlangsung hingga saat ini. Bangsa Indonesia memiliki kemampuan melahirkan budaya nasional yang tinggi, lahir dari gagasan dan karya di berbagai suku. Di era milenial ini, peserta didik tingkat SMP dengan berbagai latar belakang budaya, dituntut siap menghadapi perkembangan teknologi yang pesat. Data diperoleh melalui metode penelitian gabungan (Mix Method). Teknik pengambilan sampel menggunakan Sampling Jenuh dan Sampling Purposive. Hasil penelitian menunjukkan peserta didik menerapkan nilai-nilai positif yang disampaikan guru sejarah. Nilai-nilai yang dilaksanakan sebagai berikut: toleransi (88,5%), religious (88%), sopan santun (85%), menghargai pendapat (84,6%), dan jujur (83%). Berdasarkan observasi peneliti menemukan kondisi peserta didik menerapkan nilai moral dengan baik. Pembelajaran sejarah bermanfaat dalam memotivasi pembentukan moral.

Kata kunci: Mata pelajaran IPS Sejarah, pembentukan moral, SMP


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24905/cakrawala.v12i1.892

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Cakrawala: Jurnal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

   

 

__________________________________________________

Cakrawala: Jurnal Pendidikan
Fakultas Keguruaan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal
Jl. Halmahera KM. 1. Tegal
Jawa Tengah, Indonesia - Kode Pos: 52121

 

Lisensi Creative Commons
Cakrawala by http://e-journal.upstegal.ac.id/index.php/Cakrawala is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusion-ShareAlike 4.0 Internasional licence.

__________________________________________________