Efektivitas Model Pembelajaran Jigsaw untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Materi Pokok Barisan dan Deret Bilangan Siswa Kelas IX E SMP Negeri 2 Tarub

Mukhamad Bahrun

Abstract


Penelitian ini merupakan  upaya peningkatan minat dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika di kelas IX E SMP Negeri 2 Tarub tahun pelajaran 2015/2016 melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Latar belakang penelitian ini adalah masih rendahnya minat belajar siswa dan masih belum tercapainya ketuntasan hasil belajar klasikal. Hal ini disebabkan penggunaan metode ceramah yang belum mampu menumbuhkan minat belajar siswa. Kondisi pembelajaran yang demikian, memerlukan perubahan model pembelajaran oleh  guru agar mampu meningkatkan minat dan hasil belajar siswa ke arah yang lebih baik. Pelaksanaan penelitian ini dalam 2 siklus, terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, obeservasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase minat belajar siswa masuk kategori baik dan mengalami peningkatan yaitu pada siklus I sebesar 72,2% dan pada siklus II menjadi 88,9%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus I sebesar 72,2% dan pada siklus II  menjadi 86,1%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terbukti dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24905/cakrawala.v12i1.933

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Cakrawala: Jurnal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

   

 

__________________________________________________

Cakrawala: Jurnal Pendidikan
Fakultas Keguruaan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal
Jl. Halmahera KM. 1. Tegal
Jawa Tengah, Indonesia - Kode Pos: 52121

 

Lisensi Creative Commons
Cakrawala by http://e-journal.upstegal.ac.id/index.php/Cakrawala is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusion-ShareAlike 4.0 Internasional licence.

__________________________________________________