Peningkatan Aktifitas dan Hasil Belajar Mapel IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Siswa Kelas VIII

Sudarna Sudarna

Abstract


Penelitian ini berangkat dari kenyataan di SMP Negeri 1 Pangkah, pada awal semester genap Tahun Pelajaran 2016/2017 hasil belajar IPS Kelas VIII H belum mencapai hasil yang diharapkan karena rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS ditunjukkan oleh kenyataan kurangnya  aktivitas belajar siswa dalam mengikuti proses kegiatan  belajar mengajar IPS di kelas. Dari hasil analisis data, dinyatakan : 1). Kondisi awal, bahwa daya serap klasikal yang merupakan hasil belajar seluruh siswa hanya mencapai sebesar 43,33% berarti  berada  dibawah  ketentuan yang telah ditetapkan sebesar 75%  (kondisi ideal). 2). Pada Siklus 1, bahwa daya serap klasikal mencapai sebesar 66,67% yang berarti masih dibawah  ketuntasan kelas. 3). Pada Siklus 2, bahwa daya serap klasikal mencapai sebesar 83,33 % berada diatas ketuntasan kelas yang telah ditentukan.


Keywords


metode jigsaw, aktivitas belajar, hasil belajar

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24905/cakrawala.v12i1.941

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Cakrawala: Jurnal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

   

 

__________________________________________________

Cakrawala: Jurnal Pendidikan
Fakultas Keguruaan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal
Jl. Halmahera KM. 1. Tegal
Jawa Tengah, Indonesia - Kode Pos: 52121

 

Lisensi Creative Commons
Cakrawala by http://e-journal.upstegal.ac.id/index.php/Cakrawala is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusion-ShareAlike 4.0 Internasional licence.

__________________________________________________