PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INTSTRUCTION (PBI) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS ARTIKEL PADA MAHASISWA PRODI D4 K3 STIKES BHAMADA SLAWI

Dwi Atmoko

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kegiatan menulis artikel sebelum dan sesudah menggunakan model Problem Based Intstruction (PBI) pada mahasiswa semester I Program Studi Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Penelitian ini merupakan penelitian jenis eksperimen dengan desain kelompok tunggal pretest dan posttest (One Group Pretest Posttest Design). Desain tersebut hanya melihat hasil belajar mahasiswa sebelum dan sesudah perlakuan dengan model pembelajaran Problem Based Intstruction (PBI) pada kelompok tunggal.  Populasi dan sampel  penelitian ini adalah mahasiswa semester I program studi Keselamatan dan Kesehatan Kerja STIKes Bhamada Slawi. Sedangkan tes yang akan digunakan untuk mengukur kemampuan mahasiswa adalah tes kemampuan menulis artikel. Tes tersebut dibuat dalam bentuk uraian. Hasil belajar diuji dengan menggunakan uji normalitas Liliefors, dan menguji hipotesis dengan uji-t. Berdasarkan perhitungan data normalitas  yang dilakukan, maka diperoleh thitung  (th) sebesar 36,047 dengan df 20 dan nilai p sebesar 0,000. Nilai p lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (p = 0,000 < 0,05). Dengan demikian, hasil uji-t tersebut menunjukkan terdapat perbedaan kemampuan menulis artikel antara sebelum dan sesudah menerapkan  model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI).


Keywords


problem based instruction, menulis artikel

References


Alwasilah, A.C., dan Senny, S.A. (2007). Pokoknya Menulis: Cara Baru Menulis dengan Metode Kolaborasi. Bandung: Kiblat Buku Utama.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Darmadi, K. (1996). Meningkatkan Kemampuan Menulis: Panduan untuk Mahasiswa dan Calon Mahasiswa. Yogyakarta: Andi.

Nurgiyantoro, B. (2012). Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Rahayu, M. (2010). “Keefektifan Model Pembelajaran Problem Based Introduction (PBI) dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Naskah Drama Siswa Kelas XI SMA N 9 Yogyakarta”. Yogyakarta: Skripsi FBS, UNY. Diakses dari repository.uny.ac.id. (Tanggal akses 1 November 2017)

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. bandung: Alfabeta.

Tarigan, H.G. (2008). Menulis Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

______ (2007). Model- model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Warsono, dan Hariyanto. (2013). Pembelajaran Aktif Teori dan Assesmen. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.24905/cakrawala.v12i1.943

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Cakrawala: Jurnal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

   

 

__________________________________________________

Cakrawala: Jurnal Pendidikan
Fakultas Keguruaan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal
Jl. Halmahera KM. 1. Tegal
Jawa Tengah, Indonesia - Kode Pos: 52121

 

Lisensi Creative Commons
Cakrawala by http://e-journal.upstegal.ac.id/index.php/Cakrawala is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusion-ShareAlike 4.0 Internasional licence.

__________________________________________________