Penggunaan Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Tanggungjawab Mengikuti Kegiatan Belajar Mengajar pada Peserta Didik Kelas VIII

Sri Sumarni

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan tanggungjawab pesera didik mengikuti Kegiatan Belajar Mengajar melalui bimbingan kelompok pada peserta didik kelas VIII F SMP Negeri 1 Kramat  tahun pelajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas, dilaksanakan melalui 2 siklus yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, obeservasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah pesera didik kelas VIII F SMP Negeri 1 Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2017/2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian bimbingan kelompok dapat meningkatkan meningkatkan tanggung jawab peserta didik mengikuti kegiatan belajar mengajar, sehingga dapat digunakan sebagai salah satu alternatif model layanan bimbingan dan konseling.


Keywords


tanggungjawab, KBM, bimbingan kelompok

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24905/cakrawala.v12i1.945

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Cakrawala: Jurnal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

   

 

__________________________________________________

Cakrawala: Jurnal Pendidikan
Fakultas Keguruaan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal
Jl. Halmahera KM. 1. Tegal
Jawa Tengah, Indonesia - Kode Pos: 52121

 

Lisensi Creative Commons
Cakrawala by http://e-journal.upstegal.ac.id/index.php/Cakrawala is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusion-ShareAlike 4.0 Internasional licence.

__________________________________________________