Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS dengan Metode Student Team Achievement Division (STAD)

Airtanto Airtanto

Abstract


Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar IPS dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division (STAD) pada siswa kelas VII-B SMP Negeri 2 Warureja, Kabupaten Tegal semester II tahun ajaran 2016/2017; untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division (STAD) pada siswa kelas VII-B SMP Negeri 2 Warureja, Kabupaten Tegal semester II tahun ajaran 2016/2017; dan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPS dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division (STAD) pada kelas VII-B SMP Negeri 2 Warureja, Kabupaten Tegal semester II tahun ajaran 2016/2017. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas VII-B semester II SMP Negeri 2 Warureja tahun ajaran 2016/2017. Adapun besarnya peningkatan hasil belajar adalah 11% yaitu pada siklus I sebesar 72% meningkat menjadi 83% pada siklus II. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievementdivision (STAD) dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar IPS pada siswa kelas VII-B SMP Negeri 2 Warureja tahun ajaran 2016/2017. Adapun besarnya peningkatan aktivitas belajar adalah 3% yaitu dari siklus I sebesar 72% dengan kriteria aktif menjadi 75% pada siklus II dengan kriteria aktif dan besarnya peningkatan hasil belajar adalah 11% yaitu pada siklus I sebesar 72% meningkat menjadi 83% pada siklus II.

 


Keywords


aktivitas belajar, hasil belajar, pembelajaran kooperatif, model STAD

Full Text:

PDF

References


Alya, Qonita. 2009. Kamus Bahasa Indonesia untuk pendidikan Dasar. Jakarta: PT Indahjaya Adipratama.

AM, Sardiman. 2008. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Amri, S dan Ahmadi, 2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Anton, M Ainurrohman. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Depdiknas. 2005. Materi Pelatihan Terintregrasi Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Doyin, Mukh. 2013. Tata Tulis Karya Ilmiah. Semarang: Bandungan Institute.

Hanafiah, Nanang dan Cucu Suhana. 2010. Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Huda M. 2013. Model-model Pembelajaran dan Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Isjoni. 2008. Model-model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Gramedia.

Kemdikbud. 2014. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Badan Pengembangan SDM dan PKPMP.

Kemmis, S dan Mc Taggart R. 1998. The Action Research Planner. Victoria: Deakin University Press.

Nasution, S. 2000. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Rochaety, Eti. 2005. Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Safira, Ken. 2014. Model-model Pembelajaran. Semarang: Bandungan Institute.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Slavin, A. Robert. 2008. Cooperative Learning; Theory, Research and Practice. Neadhem Heighs Mass A Sino dan Schuster Company.

Sugianto. 2010. Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka.

Sugiyanto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif: Modul Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG). Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13 Surakarta.

Sularno. 2005. Pengembangan Media dan Sumber Belajar Sejarah. Makalah Bimbingan Bintek Mapel IPS Sejarah Guru SMP Se-Jawa Tengah.

Suryo, Joko. 1989. Serba-serbi Pengajaran Sejarah pada Masa Kini. Historika No. 3 Tahun 1.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bina Aksara.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Warsono dan Hariyanato. 2012. Pembelajaran Aktif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Winataputra, Udin S, dkk. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Zaini, dkk. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insani Madani.




DOI: http://dx.doi.org/10.24905/cakrawala.v12i1.952

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Cakrawala: Jurnal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

   

 

__________________________________________________

Cakrawala: Jurnal Pendidikan
Fakultas Keguruaan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal
Jl. Halmahera KM. 1. Tegal
Jawa Tengah, Indonesia - Kode Pos: 52121

 

Lisensi Creative Commons
Cakrawala by http://e-journal.upstegal.ac.id/index.php/Cakrawala is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusion-ShareAlike 4.0 Internasional licence.

__________________________________________________