Peranan Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian bagi Lulusan Perguruan Tinggi yang Berkarakter

Beni Habibi

Abstract


 Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana proses dan peranan pendidikan karakter di Universitas Pancasakti Tegal. Data diperoleh dengan observasi dan wawancara mendalam kepada sejumlah dosen, karyawan, mahasiswa para pelaku pendidikan karakter secara terbatas di Universitas Pancasakti Tegal. Sumber data tersebut tidak dipilih secara acak, namun ditentukan pada orang-orang yang dianggap tahu banyak tentang permasalahan yang diteliti. Pengolahan data berjalan simultan dengan pengumpulan data, sekaligus melalui proses trianggulasi sehingga diperoleh displai data yang telah teruji. Hasil dari penelitian memberikan gambaran, bahwa pelaksanaan pendidikan karakter di Universitas Pancasakti Tegal berjalan melalui berbagai unit, yaitu unit Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian, Unit Kegiatan Mahasiswa dan unit kerokhanian. Masing-masing telah berjalan dengan baik, namun ketiga unit tersebut perlu disinergikan dan terus ditingkatkan. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah kelompok peningkatan pendidikan karakter di Universitas Pancasakti harus ditatas secara komprehensif dan ditingkatkan secara berkelanjutan sehingga hasilnya betul-betul dapat bermanfaat.


Keywords


Keywords: Peranan Mata Kuliah, Bagi Lulusan, Yang Berkarakter.

Full Text:

PDF

References


Darwis, Kamsinah. 2013. Sinergi Pengajaran Bahasa, Budaya, dan Agama dalam Pembentukan Karakter. Dalam Putra, Heddy Shri Ahimsa, dkk (ed). Bahasa, Budaya dan Karakter Manusia. Yogyakarta: Gama Media.

Dua Dhiu, Konstantinus. 2017. Pentingnya Pendidikan Karakter Di Perguruan Tinggi: Kajian Teoritis Praktis. 2nd Annual Proceeding, November 2017 (ISSN: 2355-5106) STKIP Citra Bakti, Bajawa, NTT

Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Depdiknas RI Nomor 43/Dikti/Kep/2006 tanggal 2 Juni 2006 tentang Rambu-rambu Pelaksanaan Kelompok Matakuliah Pengembangan Kepribadian Di Perguruan Tinggi.

Khan, Yahya. 2010. Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri. Yogyakarta: Pelangi Publishing.

Koesoema, Doni. 2007. Pendidikan Karakter: Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.

Lickona, Thomas. 2012. Mendidik untuk Membentuk Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

M.H. Manalu, Janrico. 2014. Pedidikan Karakter Terhadap Pembetukan Perilaku Mahasiswa (Studi Kasus Proses Pendidikan Karakter Dalam Hmj Sosiolog Universitas Mulawarman Kal-Tim). eJournal Psikologi, 2 (4) 2014 : 26-38 ISSN 0000-0000, ejournal.psi.fisip unmul.org

Novitasari, Yuni. 2014. Pendidikan Karakter Bagi Mahasiswa Di Perguruan Tingggi: Dalam Rangka Menghadapi Era Globalisasi. Jurnal https://www.researchgate.net /publication/281441756

Nurlina. 2014. Manajemen Pendidikan Berbasis Karakter. Jurnal Pendidikan ‘IQRA’ Volume 2 No. 2 Desember 2014

Putra, Heddy Shri Ahimsa, dkk. 2013. Bahasa, Budaya dan Karakter Manusia. Yogyakarta: Gama Media.

Raharjo, 2010, Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan (Balitbang Kementrian Pendidikan Nasional, vol.16 No.3, Mei 2010)

Samani, Muchlas dan Hariyanto. 2012. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Prakteknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Susanti, Rosa. 2013. Penerapan Pendidikan Karakter Di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Al- Ta’lim, Jilid 1, Nomor 6 November 2013, hlm. 480-487.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tanggal 8 Juli 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Lembaran Negara RI 2003 No. 78, Tambahan Lembaran Negara RI No. 4301).

Widjono, HS. 2005. Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia

Zahri Harun,Cut. 2013. Manajemen Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter FKIP Universitas Syiah Kuala, Tahun III, Nomor 3, Oktober 2013




DOI: http://dx.doi.org/10.24905/cakrawala.v12i1.970

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Cakrawala: Jurnal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

   

 

__________________________________________________

Cakrawala: Jurnal Pendidikan
Fakultas Keguruaan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal
Jl. Halmahera KM. 1. Tegal
Jawa Tengah, Indonesia - Kode Pos: 52121

 

Lisensi Creative Commons
Cakrawala by http://e-journal.upstegal.ac.id/index.php/Cakrawala is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusion-ShareAlike 4.0 Internasional licence.

__________________________________________________