KONSENTRASITEGANGAN PAD A PLAT BERLUBANG

Rusnoto .

Abstract


Konsentrasi tegangan sebagai akibat pembuatan konstmksi mesin maupun cacat mikro didalam bahan merupakan salah satu faktor yang perlu diperhatikah dalam perancangan konstmksi mesin. Untuk faktor konsentrasi tegangan dapat dikurangi dengan cara tertentu seperti dengan membuat jari - jari pada setiap bagian yang mengalami perubahan dimensi atau dengan menumpulkan ujung takikanyang runcing. Sedangkan faktor cacat mikro bahan dapat dikurangi dengan meningkatkan kualitas bahan.

Tujuan penelitian ini untuk mempelajari kemungkinan mengurangi konsentrasi tegangan pada plat yang berlubang lingkaran. Secara teoritis perlu diketahui bahwa besar tegangan disekitar lubang lingkaran adalah tiga kali tegangan normalnya.

Penelitian ini dilakukan dengan mesin uji tarik sebagai sumber pembebanan. Untuk mengetahui distribusi tegangan dengan cara mengukur besar regangan dengan menggunakan strain indikator. Hasil penelitian menunjukan bahwa penambahan dua lingkaran disekitar lubang utama dengan perbandingan diameter 0,3yangletaknya bersebrangan dengan lubang utama dan sejajar arahpembebanan mempunyai konsentrasi tegangan tarik maksimal terbesar, tapi konsentrasi tegangan terkecil diperoleh pada perbandingan diameter lubang tambahan dengan lubang utama 0,8.

Kata Kunci : Konsentrasi Tegangan, Cacat Mikro Bahan, Uji Tarik, Regangan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.