PENGARUH SUSUNAN SUDUT TURBIN ANGIN SAVONIUS TERHADAP KARAKTERISTIK DAYA TURBIN

Rusnoto ., Laudi Shofani

Abstract


Konsep turbin angin savonius ini cukup sederhana dan praktis tidak terpengaruh oleh arah angin dan dapat dioperasikan pada daerah pantai seperti halnya kota Tegal yang merupakan salah satu kota yang terletak dekat dengan pantai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan karakteristik daya turbin angin savonius terhadap jumlah dan susunan sudu turbin.

Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah eksperimen, dengan mengadakan percobaan secara langsung di laboratorium yang sebelumnya membuat turbin angin jenis savonius yang dibuat dibengkel Fakultas Teknologi Industri Universitas Pancasakti Tegal. Pada pengambilan data pengaruh susunan, menggunakan diameter tiap turbin 65 cm dan tinggi tiap turbin 21.7 cm, pada tiap turbin mempunyai jumlah sudu tiga sudu dengan diameter tiap sudu 38 cm. Dalam hal ini posisi susunan sudu turbin dengan jumlah susunan tiga buah turbin yang akan digunakan dalam eksperimen dan pengambilan data adalah susunan sudu turbin sejajar, 40° dan 80° dengan sudu tiap turbin. Dengan bahan turbin menggunakan seng dan triplek, dengan poros dan kerangka menggunakan best

Dilihat dari analisis data yang diperoleh menunjukan bahwa dengan adanya perubahan susunan sudu turbin, koefisien daya (Cp) yang dihasilkan dari kerja turbin meningkat. Dengan Cpmaksimal =0.29 pada TSR = 7.73 untuk susunan sudu turbin 80° dengan sudu tiap turbin.

Dilihat dari kecepatan angin yang digunakan dalam eskperimen untuk setiap jumlah sudu turbin, koefisien daya (Cp) menurun dengan bertambahnya kecepatan angin yang digunakan. Hal ini berarti semakin tinggi kecepatan angin performansinya menurun.

Kota kunci : Turbin angin savonius, Karakteristik daya turbin


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.