ALIRAN DESKRIPTIF (THE DESCRIPTIVIST) KARYA SAMPSON: SEBUAH KOMENTAR KRITIK (CRITICAL REVIEW)

Sutji Muljani

Abstract


Pada akhir abad19 dan awal abad 20, ketika Saussure memunculkan ide tentang linguistik sinkronis di Eropa, di Amerika muncul sebuah aliran linguistik yang dicetuskan oleh seorang antropolog AS bernama Fraz Boas. Aliran linguistik tersebut oleh Sampson dinamakan aliran linguistik deskriptif (The Descriptivist) yang kemudian dikenal oleh mayoritas linguis sakronik Amerika sebagai linguistik saja.


Sebagai seorang antropolog, Boas mengakui bahwa yang terpenting dari berbagai aspek variasi budaya yang dapat dipahami dan dideskripsikan oleh para antropolog adalah aspek bahasa. Hal ini dikarenakan bahasa merupakan kunci untuk memahami aspek-aspek budaya yang lain dalam masyarakat yang tidak menyadari prinsip-prinsip pemakaian bahasanya. Untuk mendalami budaya suatu masyarakat, penguasaan terhadap bahasa masyarakat itu merupakan hal yang terpenting. Oleh karena itu, mulailah Boas mengkaji bahasa-bahasa eksotik dalam rangka mengalami kebudayaan suku-suku primitf tersebut. Kajian Boas tentang bahasa-bahasa eksotik terwujud dalam tulisannya yang berjudul Descriptivist karya Sampson, perlu dipahami konsep-konsep dasar atau gagasan-gagasan pokoknya terlebih dahulu. Gagasan pokok atau konsep dasar tulisan Sampson meliputi (1) perbeaan pandangan antara Saussure dengan Boas tentang analisis bahasa; (2) konsep hipotesis relativisme Boas (3) pengaruh paham politivisme dan behavioristik dalam pandangan Bloomfield tentang linguistik sebagai ilmu; (4) konsep Bloomfield tentang makna berkaitan dengan stimulus dan respon; (5) konsep analisis model item arranging (IA) dan item processing (IP) untuk deskripsi morfologi dn sintaksis oleh Charles Hockett; dan (6) konsep discovery procedure Zelig Harris untuk deskripsi fenomena sekelompok ujaran.
Konsep-konsep dasar itulah yang akan dilihat secara lebihj kritis dalam rangka lebih memahami berbagai model annalisis deskriptif dalam studi linguistik.

Kata kunci : aliran deskriptif,itemarranging (IA,item processing (IP), discovery procedure

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.