Evaluasi Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perdesaan Kabupaten Bintan

Billi Jenawi

Abstract


Setiap daerah di Kabupaten Bintan memiliki karakteristik yang berbeda sehingga Program Pemerintah Kabupaten Bintan dalam memberdayakan masyarakat khususnya melalui Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri perlu disesuaikan dengan karakteristik dari masing-masing daerah. Dalam hal ini, Pemerintah Kabupaten Bintan belum memperhatikan kebutuhan masyarakat dan hanya mengambil keputusan sendiri dalam pelaksanaan PNPM. Dengan begitu perlu adanya penilaian atas program yang telah dilaksanakan di tiga lokasi dan menelaah dampak positif ataupun sebaliknya yang dirasakan masyarakat setempat. Hasil penelitian ini mendapati ketidaksesuaian penyaluran bantuan PNPM Mandiri yakni berupa pengadaan taman bacaan di Teluk Bakau, sementara yang dibutuhkan masyarakat ialah pengadaan air bersih karena sumur disekitar mengalami kemarau sedangkan di Desa Malang Rapat, Bantuan PNPM Mandiri dalam bentuk program yang berbeda disalurkan Pemerintah Kabuaten Bintan digunakan untuk membangun pemukiman masyarakat. Jika dilihat dari informasi yang telah didapatkan penyaluran dana bantuan PNPM Mandiri. Pemerintah Kabupaten Bintan sebaiknya lebih memperhatikan masyarakat dengan mengadakan suatu forum diskusi kecil yang mengundang RT, RW, dan tokoh-tokoh masyarakat yang berpengaruh sehingga Pemerintah Kabupaten Bintan dapat memahami usulan warga setempat

Keywords


evaluasi program; PNPM Mandiri; Kabupaten Bintan;

Full Text:

PDF

References


Agustino, Leo. 2006. Dasar-Dasar Kebijakan Publik. Bandung: CV. Alfabeta.

Arikunto, Suharsimi. Jabar, Cepi Safruddin Abdul. 2010. Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoritis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Parsons, Wayne. 2008. Public Policy: Pengantar Teori dan Praktik Analisis Kebijakan. Jakarta: Kencana Prenada Median Group.

Winarno, Budi. 2011. Kebijakan Publik: Teori, Proses, Dan Studi Kasus. Yogyakarta: CAPS.

Diraka, I Wayan Raka Oka. 2013. Evaluasi Dampak Program Nasional Pemberdayaan Masya-rakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MDP) (Studi Implementasi Desa Kerta, Kecamatan Payangan, Kabupaten Gianyar). Jurnal Ad-ministrasi Publik. Program Studi Administrasi Negara FISIP-Universitas Undayana Gianyar.

Tim Nasional Percepatan Penanggula-ngan Kemiskinan (TNP2K). 2012. “Kelompok Program Ber-basis Masyarakat Pemberdayaan Masyarakat PNPM Man-diri“. Diakses dari.




DOI: http://dx.doi.org/10.24905/jip.v1i2.601

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JIP (Jurnal Ilmu Pemerintahan) : Kajian Ilmu Pemerintahan dan Politik Daerah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Collaboration with:


The work is licensed under a

Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License