Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan, Motivasi Kerja Terhadap Kualitas Pelayanan Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Baubau

Muh Askal Basir

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh pendidikan dan pelatihan serta motivasi kerja pegawai terhadap kualitas pelayanan publik, menjelaskan seberapa besar pengaruh pendidikan dan pelatihan pegawai terhadap kualitas pelayanan publik dan menjelaskan seberapa besar pengaruh motivasi kerja pegawai terhadap kualitas pelayanan publik.

Berdasarkan hasil analisa dan pembahasan dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa dari hasil estimasi parameter model struktural menunjukkan bahwa nilai statistik c2pada derajad kebebasan(db) 42sebesar 36.32 dengan p-value sebesar 0.71803 > 0,05 dan t-value 2,37 > 1,96 maka Pendidikan dan pelatihan serta motivasi kerja pegawai memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kualitas pelayanan publik. Nilai parameter g11 sebesar 0,52 dengan t-value 4.51 > 1,96 yang menunjukan efek langsung pendidikan dan pelatihan terhadap kualitas layanan publik sebesar 52,00%  sehingga menyatakan bahwa Pendidikan dan pelatihan  pegawai  memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kualitas pelayanan publik. Nilai parameter g21 sebesar 0,61 dengan t-value = 5,81 > 1,96 yang menunjukan efek langsung motivasi kerja terhadap kualitas layanan publik sebesar 61,00% sehingga menyakan bahwa Motivasi kerja pegawai memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kualitas pelayanan publik.


Keywords


Pendidikan; Motivasi; Pelayanan;

Full Text:

PDF

References


Bernandin, H.John & Rusell, Joyce E.A. (1993). Human Resource Management, Mc.Graw-Hill. Inc, Singapore.

Hasibuan, Malayu S.P. (2001). Organisasi dan Motivasi : Dasar Peningkatan Produktivitas, Bumi Aksara, Jakarta.

Hasibuan, Malayu S.P.(2005). Manajemen Sumber Daya Manusia, PT. Bumi Aksara, Jakarta.

Kaloh, J. (2002). Mencari Bentuk Otonomi Daerah ; Suatu Solusi Dalam Menjawab Kebutuhan Lokal dan Tantangan Global. Rineka Cipta. Jakarta.

Kosasih, H.R.E. (2002). Manajemen Pemerintahan Daerah Era Reformasi Menuju Pembangunan Otonomi Daerah, Universal, Bandung

Moenir, H.A.S. (2001). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, Bumi Aksara, Jakarta

Parasuraman, A : Zeithaml, V.A: and Berry, Leonard L. (1990). Delivering Quality Service : Balancing Cuetomer Perceptions and Expectations. The Free Press, New York

Siagian, Sondang P. (1995). Patologi Birokrasi – Analisis Identifikasi dan Terapinya. Ghalia Indonesia, Jakarta.

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah

Wijaya, AW. (1986). Administrasi Kepegawaian suatu Pengantar, CV. Rajawali




DOI: http://dx.doi.org/10.24905/jip.v1i1.435

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 JIP (Jurnal Ilmu Pemerintahan) : Kajian Ilmu Pemerintahan dan Politik Daerah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Collaboration with:


The work is licensed under a

Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License