STRATEGI PENGELOLAAN SUMBER DAYA ALAM DESA PONGGOK

ummi zakiyah, Iqbal Aidar Idrus

Abstract


Pembangunan desa bisa dilakukan dengan memberdayakan dan mengelola kekayaan sumber daya yang ada di desa. Sumber daya adalah sebuah aset yang harus dikelola dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk kesejahteraan masyarakat. Pemerintahan desa tentunya mempunyai peran penting dan juga harus mempunyai strategi sebagai alat untuk mencapai tujuan instansi maupun perusahaan dalam kaitannya dengan tujuan jangka panjang yang matang, dalam pengelolaan sumber daya atau asset desa.  Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui strategi Pemerintah Desa Ponggokdalam pengelolaan sumber daya alam. Strategi sebagai alat untuk mencapai tujuan instansi maupun perusahaan dalam kaitannya dengan tujuan jangka panjang Clausewitz (2013). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, lokasi penelitian ini di Desa PonggokKecamatan Pulanharjo, Klaten Tawa Tengah. Teknik pengumpulan data dalam penilitian ini menggunakan metode, studi literature, observasi, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan strategi yang dijalakan oleh Pemerintah Desa Ponggokyaitu: Pembenahan Umbul, membuat program one village one product dan pendirian Badan Usaha Milik Desa. Semua strategi yang dijalakan kemudian membuahkan hasil yang positif yang mengantarkan Desa Ponggokmenjadi desa yang mandiri dan sejahtera yang kemudian menjadi percontohan untuk desa-desa yang lain baik yang ada di Jawa Tengah maupun skala nasional.

 

Kata kunci: Strategi, Pemerintahan Desa, Badan Usaha Milik Desa


Keywords


Strategi, Pemerintahan Desa, Badan Usaha Milik Desa

References


Agunggunanto Edi Yusuf, Kushartono Edi Widodo. (2016). Pengembangan desa mandiri melalui pengelolaan bdan usaha milik desa (bumdes). Jurnal Dinamika Ekonomi dan Bisnis. 13 (1).

Alawi Muhlis Al. Contohlah Desa Ponggok, setahun hasilkan 6,5 miliar setahun. From:http://regional.kompas.com/read/2016/09/27/06320091/contohlah.desa.ponggok.setahun.hasilkan.rp.6.5.miliar.

Chintary Valentine dkk. 2016. PERAN PEMERINTAH DESA DALAM MENGELOLA BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES). Jurnal: Jurnal Ilmu Sosial Dan Politik, 5 (2 ).

Ferina, dkk. (2016). Tinjauan Kesiapan Pemrintah desa dalam implementasi peraturan menteri dalam negeri nomor 113 thun 2014 tentang pengelolaan keuangan desa (studi kasus pada pemerintah desa di Kabupaten Ogan Ilir, Jurnal Manajemen Bisnis Sriwijaya 14 (3).

Hayyuna, Dkk. Strategi Manajemen Aset BUMDES dalam Rangak meningkatkan pendapatan Desa. (Studi pada BUMDES di desa Sekapuk, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten gresik. Jurnal Adminstrasi Publik 2 (1).

Hunger J. David & Wheelen Thomas L. (2013). Manajemen strategis. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Justi (2017). Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Desa Ponggok Hasilkan 6,5 miliar setahun. From:http://baperlitbang.kendalkab.go.id/component/content/article/14-artikel/257-badan-usaha-milik-desa-bumdes-desa-ponggok-hasilkan-65-miliar-setahun.html

Moleong J Lexy 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugianto 2017. Urgensi dan Kemandirian Desa dalam perspektif Undang-Undang No tahun 2014. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Sugioyono 2012. Metode Penelitian Kombinasi (mixed methods). Bandung: Alfa Beta.

Suharto Didik G. 2016. Membangun Kemandirian Desa Perbandingan UU No 5/1979, UU No 22/1999, UU No. 32/2004 serta Perspektif UU No. 6/Tahun 2014. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Winasih Agus dkk (2016). Efektifitas pengembangan Desa wisata melalui kelembagaan dalam peningkatan sumber daya alam (SDA), Jurnal Ilmu Social Dan Ilmu Politik, 5(2).

Yunus Eddy. 2016. Manajemen strategis. Yogyakarta: CV. Andi Offset Yogyakarta.

Profil BUMDES Desa Ponggok. http://bumdestirtamandiri.co.id/

Profil Desa ponggok.

From: https://www.youtube.com/results?search_query=desa+ponggok




DOI: http://dx.doi.org/10.24905/jip.v2i2.726

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Collaboration with:


The work is licensed under a

Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License