PENGARUH COST OF DEBT, LABA, PERSENTASE PERUBAHAN LABA, SHAREHOLDER’S EQUITY DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN LAPORAN KEUANGAN PADA PERUSAHAAN TEXTILLE DAN GARMENT YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Kristina Wati, Setyowati Subroto

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh cost of debt, laba, persentase perubahan laba, shareholder’s equity dan ukuran perusahaan secara baik secara parsial maupun secara simultan terhadap pengungkapan laporan keuangan pada perusahaan textille dan garment yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2015. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik Pengumpulan Data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode dokumentasi. sedangkan Analisis data yang digunakan adalah pengujian asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji signifikan parameter individual (uji statistik t), uji signifikansi simultan (uji statistik F) dan Koefisien Determinasi. Berdasarkan hasil perhitungan uji Parameter Individual (Uji Statistik t) dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan cost of debt terhadap pengungkapan laporan keuangan. Berdasarkan hasil perhitungan uji Parameter Individual (Uji Statistik t) dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan laba terhadap pengungkapan laporan keuangan. Berdasarkan hasil perhitungan uji Parameter Individual (Uji Statistik t) dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan persentase perubahan laba terhadap pengungkapan laporan keuangan. Berdasarkan hasil perhitungan uji Parameter Individual (Uji Statistik t) dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan shareholder’s equity terhadap pengungkapan laporan keuangan. Berdasarkan hasil perhitungan uji Parameter Individual (Uji Statistik t) dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan ukuran perusahaan terhadap pengungkapan laporan keuangan. Berdasarkan hasil uji pengaruh secara simultan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara cost of debt, laba, persentase perubahan laba, shareholder’s equity dan ukuran perusahaan secara simultan terhadap pengungkapan laporan keuangan.
 
Kata Kunci: cost of debt, laba, persentase perubahan laba, shareholder’s equity, ukuran perusahaan, pengungkapan laporan keuangan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.