Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fisika Materi Suhu dan Kalor Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw

Sigit Pamungkas

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi dan hasil belajar fisika materi suhu dan kalor melalui proses pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siswa kelas XI TITL 3 SMK N 1 Warureja. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes digunakan untuk mengetahui hasil serapan pengetahuan setelah tindakan. Sedangkan teknik nontes digunakan untuk mengumpulkan data perubahan minat dan aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kualitas dalam proses pembelajaran. Peningkatan kualitas tersebut dibuktikan dengan proses pembelajaran yang makin lancar pada siklus II dan suasana kelas yang makin kondusif.. Disiklus I tingkat aktifitas kelas dari 63,33 % meningkat menjadi 93,33 % pada siklus II.  Dari hasil angket menyatakan tujuh siswa (23%) setuju disiklus I dan meningkat menjadi 27 (90%) siswa menyatakan setuju disiklus II. Di siklus I tingkatan ketuntasan belajar sebesar 43,33 %  menigkat menjadi 80 % di siklus II.


Keywords


Kalor, Jigsaw, Suhu

Full Text:

PDF

References


Ashari. Didik Dwi. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Meningkatkan Minat Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Pokok Bahasan Pengaruh Gaya terhadap Gerak Benda pada Siswa Kelas IV-A SDI Al-Munawwar Tulungagung Tahun Ajaran 2012/2013. Tulungagung.

Hamzah. 2011. Menjadi Peneliti PTK Yang Profesional. Jakarta: Bumi Aksara.

Isjoni. 2012. Pembelajaran Kooperatif: Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Abdullah, Z.M. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Kimia pada Materi Koloid. Prosiding, Seminar Nasional Kimia & Pendidikan Kimia UNG 2014. Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo.

Asfaroh, J.A. & Hidayati. 2014. Pengaruh Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Tipe Think Pair And Share Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII SMP Taman Dewasa Ibu Pawiyatan Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan IPA NATURAL. Volume 1 No 1 Tahun 2014. Hlm 1-8

Adams, F.H. 2013. Using Jigsaw Technique As An Effective Way Of Promoting Co-Operative Learning Among Primary Six Pupils In Fijai, International Journal of Education and Practice, Vol 1. No.6.Ghana.

Asri dkk. 2014.Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Didaktik Matematika Volume 1 No.2. Banda Aceh




DOI: http://dx.doi.org/10.24905/psej.v3i2.1012

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 PSEJ (Pancasakti Science Education Journal)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.