Kompetensi Guru IPA SMP di Kecamatan Mlati dalam Mengerjakan Soal IPA Model PISA

Didik Setyawarno, Dadan Rosana, Eko Widodo, Wita Setianingsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi guru IPA SMP se-kecamatan Mlati, Sleman Yogyakarta dalam mengerjakan soal IPA model Programme Internationale for Student Assesment (PISA). Kompetensi PISA yang diujikan mencakup menjelaskan fenomena secara ilmiah dan mengevaluasi dan mendesain penyelidikan ilmiah. Jenis penelitian ini adalah survei yang dilaksanakan di SMP N 2 Mlati Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah guru IPA dengan jumlah 12. Jumlah subjek penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik cluster sampling yang terbagi menjadi empat wilayah yaitu bagian timur, barat, selatan, dan utara sehingga bisa mewakili secara guru-guru IPA di SMP Mlati Yogyakarta. Instrumen penelitian yang digunakan adalah butir soal IPA model PISA berjumlah lima yang telah divalidasi oleh dosen ahli. Teknik analisis data dilakukan dengan cara kuantitatif deskriptif dengan cara mengkonversi ke dalam kategori. Hasil analisis menunjukkan bahwa kompetensi guru IPA dalam mengerjakan soal IPA model PISA masih bervariasi. Nilai prosentasi guru IPA mampu mengerjakan soal untuk kompetensi menjelaskan fenomena secara ilmiah, mendesain penyelidikan ilmiah, dan mengevaluasi terkait dengan penyelidikan ilmiah dan masing-masing 41,67%, 25%,  dan 87,5%  dengan kategori masing-masing cukup (C), kurang (K), dan baik sekali (BS).

Keywords


Kompetensi Guru IPA, Soal IPA, PISA

Full Text:

PDF

References


Dadan Rosana & Didik Setyawarno. 2016. Statistik Terapan untuk Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Didik Setyawarno & Zuhdan Kun Prasetyo. 2016. Development of Indonesian Qualification Framework (IQF) Level 6 Of Physics Education. Proceeding Of 3rd International Conference on Research, Implementation And Education Of Mathematics And Science Yogyakarta, 16 – 17 May 2016.

Apri Damai Sagita Krissandi & Rusmawan. 2015. Kendala Guru Sekolah Dasar Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Cakrawala Pendidikan, Oktober 2015, Th. XXXIV, No. 3.

Yani Kusuma Astuti. 2016. Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Afiasi Vol.VII No.3B.

Maisyaroh, Wildan Zulkarnain, Arbin Janu Setyowati, & Susriyati Mahanal. 2014. Masalah Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013 dan Kerangka Model Supervisi Pengajaran. Jurnal manajemen pendidikan volume 24, nomor 3.

Nabilah Mansur. 2018. Melatih Literasi Matematika Siswa dengan Soal PISA. PRISMA Prosiding Seminar Nasional Matematika UNNES 2018.

Nizam. 2016. Ringkasan Hasil-hasil Asesmen Belajar Dari Hasil UN, PISA, TIMSS, INAP. Pusat Penilaian Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

OECD. 2016. PISA 2015 Results (Volume I): Excellence and Equity in Education. PISA, OECD Publishing, Paris.

OECD. 1999. Measuring Student Knowledge and Skills a New Framework for Assessment. PISA, OECD Publishing, Paris.




DOI: http://dx.doi.org/10.24905/psej.v3i2.1017

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 PSEJ (Pancasakti Science Education Journal)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.