Pengintegrasian Materi Struktur Atom pada Mata Pelajaran Kimia Berbasis Nilai-Nilai Qur’ani

Banu Kisworo, Dewiantika Azizah

Abstract


Hasil wawancara dengan guru kimia di salah satu sekolah MAN di kota Cirebon pada tanggal 10 September 2017 menunjukkan data bahwa pembelajaran kimia khususnya pada materi struktur atom belum menerapkan pembelajaran berbasis qur’ani. Fakta tersebut menggambarkan rendahnya penerapan nilai – nilai islami di sekolah yang berada dalam lingkungan Departemen Agama melalui Al-Qur’an. Padahal jika kita tinjau lebih dalam materi struktur atom banyak mengungkap banyak sekali gejala alam yang dijelaskan dalam Al-qur’an. Tujuan dalam penelitian ini yaitu memberikan masukan mengenai materi kimia pada struktur atom yang terintegrasi Al-qur’an. Penelitian dilakukan dengan menganalisis materi struktur atom yang berkaitan dengan penjelasan yang terdapat pada terjemahan Al-qur’an dan Al-Hadits. Metode penelitian ini adalah deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan 15 ayat Al-qur’an terintegrasi dengan materi struktur atom. (2). Materi Struktur Atom menggunakan model pengintegrasian nested dengan memasukkan ayat – ayat qur’ani dan perhitungan numerik baik jumlah ayat, no surat, maupun no juz dalam setiap sub bab materi kimia.


Keywords


Materi Struktur Atom, Pendekatan Nilai–Nilai Qur’ani

Full Text:

PDF

References


Al-Fattah. Kementerian Agama RI Al-Qur’an dan Terjemahannya Al-Qur’an 20 Baris dan Terjemahan 2 Muka. Jakarta: Wali

Azizah, Dewiantika. (2013). Pola Pengintegrasian Mata Pelajaran Adaptif Kimia di SMK Pelayaran. Tesis Pendidikan IPA UPI Tidak diterbitkan

Baitul Maqdis. (2014). Mukjizat Al-Qur’an dalam Mengenalkan Air [Online]. Tersedia di https://baitulmaqdis.com/mukjizat-islam/kimia/mukjizal-al-quran-dalam-mengenalkan-air/ . [Diakses 15-06-2018]

Chang, R &Overby, J. (2011). General Chemistry: The essential concepts sixth edition. New York:Mc-Graw Hill.

Faisal Sanapiah. (2010). Format-Format Penelitian Sosial. Jakarta: Rajawali Pers.

Faridach, (2009). Analisis Sejarah Perkembangan Model Atom Berdasarkan Kaidah Hund. [online]. Tersedia di https://faridach.wordpress.com/2009/12/11/analisis-sejarah-model-atom-berdasarkan-paradigma-kuhn/. [Diakses 08-10-2018].

Fatkhurrohman, Aji Mukhammad. (2016). Efektifitas Pembelajaran IPA dengan Model Integrasi Pembelajaran Kooperatif STAD dan Peta Konsep. Pancasakti Science Educatyion Journal. 1(1):60-67. Tersedia di http://e-journal.ups.ac.id/index.php/psej . [diakses 10-10-2018]

Hafidz Tohar Abah. (2012). Al-Qur’an dan Ilmu Kimia. [Online]. Tersedia di https://elasgary.wordpress.com/2012/01/25/al-quran-dan-ilmu-kimia/. [diakses 12-06-2018]

Muftie Arifin. (2004). E-Book Matematika dan Alam Semesta. Bandung: PT Kiblat Buku Utama.

Murtono. (2008). Konsep Cahaya dalam Al-Qur’an dan Sains. Jurnal Kaunia.4(2):147-158

news.liputan6.com. (2015). “Teori Einstein dalam Kehidupan Nyata”, Tersedia di http://news.liputan6.com. [Diakses 13-06-2018]

Peraturan Menteri Agama No. 60 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Agama Nomor 90 tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Madratsah.

Petrucci, Harwood, Herring dan Madura. (2011). Kimia Dasar Prinsip – Prinsip dan Aplikasi Modern Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Purwaningrum, Septiana. (2015). Elaborasi Ayat-Ayat Sains dalam Al-Quran: Langkah Menuju Integrasi Agama dan Sains dalam Pendidikan. Inovatif: 1(1): 124-141. Tersedia di http://jurnal.staih.ac.id/index.php/inovatif/article/view/16 [Diakses 10-10-2018]

Ritaningsih. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Melalui Kegiatan Tutor Sebaya Dalam Pengajaran Remedial Materi Getaran dan Gelombang di Kelas VIII C Semester Genap Tahun Pelajaran 2015/2016 SMP Negeri 1 Pangkah Kabupaten Tegal. Pancasakti Science Educatyion Journal. 2(1):68-73. Tersedia di http://e-journal.ups.ac.id/index.php/psej . [diakses 10-10-2018]

Sadiman dan Karolina. (2017). Pendekatan Saintific Quantum dalam Memahami Perjalanan Isra’ Nabi Muhammad SAW. Fokus Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan. 2(2):201-225. Tersedia di http://journal.staincurup.ac.id/index.php/JF/article/view/326 . [diakses 15-06-2018]

Trianto. (2011). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini TK/RA & Anak Usia Kelas Awal SD/MI. Kencana. Jakarta.

Watoni Haris A. (2013). Kimia Untuk SMA/MA Kelas X Peminatan. Penerbit: Yrama Widya Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.24905/psej.v3i2.1041

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 PSEJ (Pancasakti Science Education Journal)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.