Penerapan Metode Pembelajaran Kocok Sumpit untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Materi Getaran dan Gelombang

Rizal Rizal

Abstract


PPenelitian ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar  Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) melalui penggunaan Metode Pembelajaran kocok sumpit pada siswa kelas VIII C MTs Negeri 2  Tegal semester genap Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian mengunakan metode analisis deskriptif dan dilaksanakan dari bulan Januari  sampai dengan bulan Maret 2018. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Tegal Tahun Pelajaran 2017/2018. Sampel  yang digunakan adalah kelas VIII C. Sampel diberi perlakuan dengan metode pembelajaran kocok sumpit.  Data dikumpulkan dengan metode tes untuk prestasi belajar, keaktifan persepsi dan kesan siswa dengan metode angket. Pada siklus I siswa yang berhasil mencapai KKM ada  17 siswa (44,73 %) sedangkan pada  siklus II siswa yang lulus KKM ada 27 siswa (71,5 %). Berdasar hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan metode kocok sumpit dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas VIII C Tahun Pelajaran 2017/2018 yang ditandai dengan adanya siswa yang lulus KKM sebanyak 27 siswa (92,85 %), ini berarti tingkat keberhasilannya lebih dari 70%.


Keywords


Metode pembelajaran kocok sumpit, getaran dan gelombang, prestasi belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, dan Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Bakker, Anton, dan Achmad Charris Zubair. 1990. Metodologi Penelitian Filsafat. Yogyakarta: Kanisius. Cet. Ke. 13.

Barnadib. Iman. 1983. Pemikiran Tentang Pendidikan Baru. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.

Hamdani, Nizar Alam, dan Dody Hermana. 2008. Classroom Action Research. A. Lukman El Garsel (Tim Editor Rahayasa). Tt: Rahayasa Research and Training.

Hufad, Achmad. 2009. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Agama Islam Departemen Agama RI.

Ungguh Muliawan, Jasa. 2010. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Yogyakarta: Gava Media.

Haryono Nor. 2002. Statistika Dasar. Jakarta : Universitas Terbuka.

Ibrahim R dan Nana Syaodih S. 2002. Perencanaan Pengajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

IGAK Wardhani, dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Universitas Terbuka.

Mukhlis, A. 2001. Penelitian Tindakan Kelas, Konsep Dasar dan Langkah-Langkah. Surabaya : Unesa.

Mulyani Sumantri & Nana Syaadib. 2003. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta : Universitas Terbuka.

Ratna Wilis Dahar. 1999. Teori-teori Belajar. Jakarta : Erlangga.

Slavin, Robert E. 1995. Cooperative Learning. Second Edition, Boston : Allyn and Bacon.

Syaiful Bahri Djamarah. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Udin S. Winataputra. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Universitas Terbuka.

Uzer Usman. 1999. Menjadi Guru Profesional. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.24905/psej.v3i2.1042

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 PSEJ (Pancasakti Science Education Journal)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.