Pengembangan E-Learning Berbasis Schoology pada Materi Impuls dan Momentum untuk Melatihkan Literasi Digital

Misbah Misbah, Wahyu Aji Pratama, Sri Hartini, Dewi Dewantara

Abstract


Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan media e-learning berbasis schoology. Tujuan penelitian secara khusus untuk mendeskripsikan: (1) validitas media, (2) kepraktisan media, dan (3) efektivitas  media. Jenis penelitian ini adalah Research & Development (R&D) model ADDIE. Subjek uji coba penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA 1 SMAN 6 Banjarmasin berjumlah 32 orang. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi media, lembar keterlaksanaan RPP, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan: (1) validitas media diperoleh skor 3,94 berkategori valid, (2) kepraktisan media diperoleh skor 3,77 berkategori sangat praktis, dan (3) efektivitas media diperoleh skor 0,41 berkategori sedang. Simpulan penelitian ini adalah pengembangan e-learning berbasis schoology pada materi impuls dan momentum untuk melatihkan literasi digital layak digunakan pada pembelajaran.


Keywords


e-learning, schoology, literasi digital

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Aththibby, A. R. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Animasi Flash Topik Bahasan Usaha Dan Energi. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(2). https://doi.org/10.24127/jpf.v3i2.238

Faizah, A., & Munoto. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar Menggunakan Learning Management System ( Lms ) Schoology Di Smk Negeri 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(3), 3–10.

Hake, R. R. (1999). Analyzing change/gain scores. Analyzing Change/Gain Scores, 16(7), 1073–1080.

Mahyuddin, R. S., Wati, M., & Misbah, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Zoomable Presentation Berbantuan Software Prezi pada Pokok Bahasan Listrik Dinamis. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(2), 229–240.

OECD. (2015). Programme for International Student Assessment Result for PISA 2015. Retrieved August 10, 2018, from https://www.oecd.org/pisa/PISA-2015-Indonesia.pdf

Putri, N., Jampel, N., & Suartama, I. K. (2014). Pengembangan E-Learning Berbasis Schoology pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII di SMP Negeri 1 Seririt. Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesa, 2(1), 1–11.

Uswatunisa, & Santiani. (2015). SMA 1 Pagatan Katingan Kuala Kalteng Tadris Fisika FTIK IAIN Palangka Raya 65. Jurnal EduSains, 3(1), 65–78.

Wicaksana, Y., Wardono, & Ridlo, S. (2017). Analisis Kemampuan Literasi Matematika dan Karakter Rasa Ingin Tahu Siswa pada Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan Schoology. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(2), 167–174.

Widiantoro, B., & Rakhmawati, L. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Schoology Pada Kompetensi Dasar Memahami Model Atom Bahan Semikonduktor Di Smkn 1 Jetis. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 04(2), 501–506.

Widoyoko, S. E. P. (2017). Evaluasi Program Pembelajaran (IX). Yogyakarta: Pustaka Pelajar




DOI: http://dx.doi.org/10.24905/psej.v3i2.1067

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 PSEJ (Pancasakti Science Education Journal)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.