Pengetahuan Awal (Prior Knowledge) Mahasiswa Program Studi Pendidikan IPA pada Topik Azas Kekekalan Energi

  • Riva Ismawati Universitas Tidar
  • Eli Trisnowati Universitas Tidar
Keywords: Pengetahuan Awal, Azas Kekekalan Energi

Abstract

Azas kekekalan energi merupakan salah satu topik dalam kajian termokimia yang telah dipelajari mahasiswa Program STudi Pendidikan IPA pada saat mereka di bangku SMA. Pengetahuan awal mahasiswa pada topiktersebut akan menjadi dasar bagi mereka untuk mempelajari materi terkait di perguruan tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan pengetahuan awal mahasiswa Program Studi Pendidikan IPA pada topic azas kekekalan energi. Penelitian ini merupakan penelitian deskrivtif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian adalah mahasiswa Prodi Pendidikan IPA FKIP Universitas Tidar tahun 2017/2018. Instrumen yang digunakan merupakan tes bentuk testlet terdiri dari 9 pertanyaan dengan 3 soal utama dan 3 soal pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih terdapat mahasiswa yang belum dapat memahami konsep azas kekekalan energi dengan baik.

 

References

L Ayyildiz, Y., & Tarhan, L. 2017. Problem-based learning in teaching chemistry: enthalpy changes in systems. Research in Science & Technological Education, 36(1), 35-54.

Hailikari, T. 2009. Assessing University Student’s prior Knowledge : Implicationts for Theory and Practice. Finland : Helsinki University.

Pamungkas, A. S., Setiani, Y., & Pujiastuti, H. (2017). Peranan Pengetahuan Awal dan Self Esteem Matematis Terhadap Kemampuan Berpikir Logis Mahasiswa. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(1), 61-68. T

Purwana, U. 2012. Profil Pengetahuan Awal (Prior Knowledge) Siswa SMP Tentang Konsep Kemagnetan. Jurnal Pendidikan MIPA. 13 (2) : 117-124. T

Saricayir, H., Ay, S., Comek, A., Cansiz, G., & Uce, M. 2016. Determining Students’ Conceptual Understanding Level of Thermodynamics. Journal of Education and Training Studies, 4(6), 69-79.

Susanti, R. (2009). Pengetahuan Awal tentang Konsep Fotosintesis : Kajian Deskriptif pada Siswa Sekolah Dasar (SD). Prosiding Seminar Nasional Biologi : inovasi Biologi dan Pendidikan biologi dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. T

Taştan, Ö., Yalçınkaya, E., & Boz, Y. 2008. Effectiveness of conceptual change text-oriented instruction on students’ understanding of energy in chemical reactions. Journal of Science Education and Technology, 17(5), 444-453.

Yalcinkaya, E., Tastan, O., & Boz, Y. (2009). High School Students’ Conceptions about Energy in Chemical Reactions. Journal of Pamukkale University Education Faculty. 26 : 1-11.

Yamtinah, S., Haryono., & Martini, K., S. 2014. Profil Individu Peserta Didik Pelengkap Tes Jenis Testlet sebagai Alternatif Pendeteksi Kesulitan Belajar Kimia. Jurnal Profesi Pendidik. 1 (1) : 1-10.

Zakaria, E., & Yusoff, N. 2009. Attitudes and Problem Solving Skills in Algebra among Malaysian Matriculation College Students. European Journal of Social Sciences. 8 (2) : 232-245.

Published
2019-07-31
Section
Articles