UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MEDIA BATELA PADA SISWA KELAS X7 MATERI HIDROKARBON SMAN 1 DONOROJO TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Riyanti Riyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui hasil belajar siswa  dengan menggunakan media  batela  dan  menciptakan suasana senang menggunakan media batela pada materi  hidrokarbon. Penelitian tindakan kelas  ini  dilakukan di kelas X7  berjumlah 34  siswa   dan menggunakan 2 siklus. Data hasil penelitian berupa hasil observasi, tes kognitif  dan respon siswa terhadap media batela. Dari hasil observasi  oleh observer (pengamat) yang mengamati aktifitas siswa dan guru sebagai faslitator diperoleh nilai rata-rata pada siklus 1 yaitu 2,63 (kategori sedang)  dan siklus 2 sebesar  3,21 (kategori baik). Sedangkan hasil belajar siswa pada materi hidrokarbon diukur menggunakan tes kemampuan kognitif dengan KKM untuk materi hidrokarbon 75. Soal dalam penelitian ini terdiri-dari 5 butir soal essay setiap siklus. Pada siklus 1 dan siklus 2 diperoleh nilai rerata tes dari 61,77 menjadi 85,29. Tampak bahwa kemampuan memahami materi hidrokarbon sudah mencapai indikator keberhasilan yaitu lebih dari 75% siswa memperoleh nilai di atas KKM. Jumlah prosentasi nilai di atas KKM lebih besar disebabkan banyak siswa yang sudah dapat mentransformasi penggunaan media batela ke dalam materi hidrokarbon. Demikian juga hasil angket yang diberikan tercatat data bahwa setelah akhir siklus 2 terdapat 100% siswa memberi tanggapan merasa senang dengan pembelajaran menggunakan media batela.

Kata Kunci: Hasil belajar, media batela, hidrokarbon


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24905/psej.v1i1.481

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 PSEJ (Pancasakti Science Education Journal)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


PSEJ index:

        

 

This work is licensed under a

Creative Commons License

Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.