PENGEMBANGAN PERANGKAT PENILAIAN PETA KONSEP UNTUK MENGEVALUASI PROSES BERPIKIR PADA TOPIK ANIMALIA

  • Mobinta Kusuma Universitas Pancasakti Tegal
Keywords: Animalia, Alat Evaluasi, Penilaian Peta Konsep, Proses Berpikir

Abstract

Pembelajaran biologi syarat makna dengan “belajar konsep†yang dapat diajarkan melalui pembuatan peta konsep.Materi animalia pada pembelajaran biologi di kelas X merupakan materi ajar yang memiliki banyak konsep yang terkait dengan kata kunci klasifikasi dan selama ini, siswa tidak banyak diarahkan untuk memahami konsep, melainkan cenderung menghapalkan materi ajar. Proses berpikir siswa dalam mengkonstruk & memahami konsep menjadi salah satu urgensi untuk mengetahui pencapaian hasil belajar. Penggunaan peta konsep sebagai alat evaluasi belajar belum banyak dikembangkan. Tujuan penelitian ini adalah mendesain dan menguji validitas perangkat penilaian peta konsep untuk mngevaluasi proses berpikir konsep pada materi animalia. Desain penelitian ini adalah penelitian riset & pengembangan (R&D). Subjek ujicoba adalah 7 guru beserta 32 siswa di SMAN 1 Semarang dan 26 siswa SMAN 3 Semarang. Metode pengumpulan data menggunakan checklist, angket dan tes. Data dianalisa menggunakan rumus Pearson Product Moment Correlation. Jenis data meliputi data validasi perangkat oleh pakar, data ujicoba sampel dan data hasil test perangkat. Teknik validasi data tes dilakukan dengan  membandingkan peta konsep siswa dan master map. Hasil validasi perangkat oleh pakar dinilai valid dengan perolehan skor rata-rata validasi konstruk 3,86 dan skor rata-rata validasi isi 3,89. Hasil validitas dan reliabilitas menunjukkan kategori tinggi dengan perolehan rerata koefisien uji validitas (r)  sebesar 0,99. Sedangkan rerata koefisien uji reliabilitas sebesar 0,69. Simpulan dari penelitian ini, komponen perangkat penilaiain peta konsep dinyatakan valid dan reliabel untuk mengevaluasi proses berpikir konsep pada topik animalia.

 

References

AERA (American Educational Research Association), American Psychological Association, & National Council on Measurement in Education. (1999). Standards of Educational and Psycholigical Testing. Washington, DC: American Educational Research Association

Afrilianto, M. (2012). Peningkatan Pemahaman Konsep dan Kompetensi Strategis Matematis Siswa SMP dengan Pendekatan Methaporichal Thingking. Infinity (Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika), STIKIP Siliwangi Bandung, Vol 1, No.2, September 2012.

Arikunto, Suharsimi. (2008). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta : Penerbit Bumi Aksara.

Ausubel, D.P., (1968). Educational Psychology; A Cognitive View. New York: Holt, Rinehat and Winston, Inc.

Azwar, Saifuddin. (2005). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bahri. (2008). Konsep dan Definisi konseptual. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada

Borg,W.R & Gall, M.D. (2003). Educational Research: An Introduction. New York: Von Hoffman Press,Inc.

Elfiky, Ibrahim. (2009). Terapi Berpikir Positif. Jakarta: Zaman Publishing

Glass, A.L., and Holyoak, K.J. (1986). Cognition (2nd Edition). Singapore: McGraw-Hill Book Company.

Goldsmith, T.E. & Devenport, D.M. (1989). Assesing structural similatiry of graphs. Dalam R.W. Achvaneveldt (Ed). Pethfinder assocative networks: Studies in knowledge organization. Norwood, N.J: Ablex.

Hobri. (2009). Metode Penelitian Pengembangan (Developmental Researh). http://hobri.blog.ujec.co.id

class="ISI">Kizlik, Bob. (1997). Thinking Skills Vocabulary and Definitions. Retrieved October 15, 2009,from http://www.adprima.com/thinkskl.html.

McClure, J.R., Sonak, B., & Suen, H.K. (1999). Concept map assessment of classroom learning: Reliability, validity & longictical praticability. Journal of Research in Sciene Teaching. 36: 475-492.

Mulyadi, A., & Yani, Ahmad. (2014). Pengaruh Penggunaan Peta Konsep Terhadap Peningkatan Daya Analisa Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial (JPIS), Vol.23, No.1, Edisi Juni 2014.

Novak, J.D., & Gowin, D.B. (1984). Learning how to learn. Cambridge: Cambridge University Press.

Ruiz-Primo, M.A. (2000). On the use of concept maps an an assessment tool in Science: What we have learned so far. Revista Electronica de Investigacion Educativa, 2(1): 29-52.

Ruiz-Primo, M.A. (2004). Examining Concept Maps As An Assessment Tool. In A. J. Canas, J.D. Novak & F.M. Gonzales (Eds.), Concept maps: Theory, Methodology, Technology, proceeding of the 1st international conference on concept mapping. Pamplona, Spain: Universidad Publica de Navvarra

Ruiz-Primo, M.A. & Shavelson, R.J. (1996a). Problems and issues in the use of concept maps in science assessment. Journal of Research in Science Teaching. 33(6): 569-600.

Ruiz-Primo,M.A., Schultz, S.E., Li, M., & Shavelson, R.J. (2001a). Comparison of Reliability and Validity of Score from Two Concept Mapping Techniques. Journal of Reasearch in Science Teaching. 38: 260-278.

Ruiz-Primo,M.A., Shavelson, R.J., & Schultz, S.E., Li, M. (2001b). On The Validity of Cognitive Interpretation of Scores from Alternative Concept Mapping Techniques. Educational Assessment. 7: 99-141.

Ruiz-Primo,M.A., Schultz, S.E., Li, M., & Shavelson, R.J. (1997). Concept Map Based Assessment in Science: Two Exploratory Studies. Stanford University : CSE Technical Report 436.

Rusilowati, Ani. (2008). Pengembangan Tes Kemampuan Dasar Berdasarkan Psikologi Kognitif. Disertasi. Tidak dipublikasikan. Yogyakarta: UNY.

Rusilowati, Ani. dkk. (2010). Pengembangan Rubrik Penilaian Concept Mapping Assessment. Artikel. Proceding Seminar Nasional Himpunan Evaluasi dan Pendidikan Indonesia dengan tema “Asesmen untuk Memantau Kualitas Pendidikan.

Safayeni, F., Derbentseva. N., Canas. A.J. (2005). A Theoritical Note On Concept and Need for Cyclic Concept Maps. Journal of Research in Science Teaching. 42: 741-766.

Solso, R.L. (1988). Cognitive psychology (2nd edition). Boston: Allyn and Bacon, Inc.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Penerbit Alfabeta

Suharnan. (2005). Psikologi Kognitif. Surabaya: Penerbit Srikandi.

Yin, Y., Vanides, J., Ruiz-Primo, M.A., Ayala, C.C., & Shavelson, R. J. (2005). Comparison of two concept mapping techniques: Implication for scoring, interpretation and use. Journal of Research in Science Teaching. 42: 166-184.

Published
2016-10-31
Section
Articles