PENGGUNAAN DISCREPANT EVENTS DENGAN PENDEKATAN POE TERHADAP HASIL BELAJAR KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN SISWA

  • Muriani Nur Hayati Universitas Pancasakti Tegal
Keywords: Discrepant events, Kelarutan dan hasil kali kelarutan, POE

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan: (1) pengaruh pembelajaran discrepant events dengan pendekatan POE terhadap hasil belajar kelarutan dan hasil kali kelarutan siswa; (2)berapa besar pengaruh metode tersebut terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan pola pre test post test group design. Metode pengumpulan data melalui kuesioner untuk menilai prestasi belajar afektif dan psikomotorik dan tes untuk menilai prestasi belajar kognitif pada 92 siswa di SMA N 2 Semarang. Penggunaan discrepant events dengan pendekatan POE ternyata mempengaruhi hasil belajar kimia pokok bahasan kelarutan dan hasil kali kelarutan siswa kelas XI SMA N Semarang. Data diuji dengan uji t dan N-gain. Hasil analisis uji t menunjukkan perbedaan dua rata-rata satu pihak kanan, diperoleh hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Angka korelasi pada kelas eksperimen 0,5237 yang menunjukkan nilai sedang, dan nilai koefesien determinasi sebesar 27,42 %. Hal ini menunjukkan sebesar 27,42% peningkatan hasil belajar kelarutan dan hasil kali kelarutan siswa dipengaruhi hanya oleh metode tersebut.

 

Author Biography

Muriani Nur Hayati, Universitas Pancasakti Tegal

Prodi Pendidikan IPA FKIP Universitas Pancasakti Tegal

Jawa Tengah

References

Annisa, Nurul Husna. 2016. Pengaruh Pembelajaran Guided Inquiry Berbantuan Diagram Vee Terhadap Keterampilan Generic Sains Siswa. Jurnal ISSN. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. Vol 10, No.1, 1692-1701

Fiedl, A.E. 1991. Teaching Science to Children. An Integrated Approach. New York: McGraw-Hill, Inc

Hastuti, Sri Woro. 2014. Peningkatan HOTS Calon Guru SD melalui Penggunaan Discrepant Events pada Aktivitas Saintifik Pembelajaran IPA untuk Kesiapan Kurikulum 2013. Prosiding Semnas ISBN. Yogyakarta: PPs UNY, 171- 178 2009, from http://www.adprima.com/thinkskl.htm.

class="ISI">Hilario, Jose S. 2015. The Use of Predict-Observe- Explain-Explore (POEE) as a New Teaching Strategy in General Chemistry Laboratory.ISSN Journal. International Journal of Education and Research.Vol 3, No 2. 37-48

Linn, R. (1989). Educational Measurement ( 3th ed). New York. McMillan Publishing Company.

Longfield, Judith. 2009. Discrepant Teaching Events: Using an Inquiry Stance to Address Students’ Misconception.ISSN Journal. International Journal of Teaching and Learing in Higher Education.Vol 21, Number 2, 266-271

McClure, J.R., Sonak, B., &Suen, H.K. (1999). Concept map assessment of classroom learning: Reliability, validity & longictical praticability. Journal of Research in Sciene Teaching. 36: 475-492.

Novak, J.D., & Gowin, D.B. (1984). Learning how to learn. Cambridge: Cambridge University Press.

Nuray, Y, Inci M, & Nilgun S. 2010. The effects of science, technology, society, environment (SETS) interaction on teaching chemistry. Natural Science. 2 (12) : 1417-1424.

Nurkholis, Arisdkk,. 2013. Pembelajaran IPA dengan Pendekatan Kontekstual Melalui Metode Eksperimen dan POE Ditinjau dari Kemampuan Menggunaan Alat Ukur dan Kemampuan Verbal Siswa. Jurnal ISSN. Jurnal Inkuiri. Vol 2, No 3, 2252-7893

Riyanto Yatim. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group

Ruiz-Primo, M.A. &Shavelson, R.J. 1996.Problems and issues in the use of concept maps in science assessment.Journal of Research in Science Teaching

Ruiz-Primo, M.A. 2000. On the use of concept maps an an assessment tool in Science: What we have learned so far. Revista Electronica de Investigacion Educativa, 2(1): 29-52.

Sofian B Shah & Runaaz Sharma. 2014. Chemical Management Practices of Basic Science Teachers. ISSN journal. Journal of Social Science for Policy Implications. Vol 2, No.3, pp 61-85

Sugandi, Achmad dkk, 2006. Teori Pembelajaran. Semarang: UPT UNNES PRESS

Suprapto, Nadidan WoroSetyarsih. 2012. Penggunaan Discrepant Events dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Fisika Konsep Kinematika dan Dinamika. Jurnal. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains. Vol 19, No 2

Suwati, 2008. Sekolah Bukan untuk Mencari Pekerjaan. Jakarta: Pustaka Grafika

Triyanto, 2007. Model-model pembelajaran inovatif berorientasi kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher

Wang, S., dan Wang H., 2014. Teaching and Learning Higher Order Thinking. ISSN Journal. International Journal of Arts & Sciences. Vol 07 No.02: 179-187

Winataputra, Udin S. 2001. Strategi Belajar Mengajar IPA. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka

Published
2016-10-31
Section
Articles