PERANGKAT EVALUASI KECAKAPAN HIDUP DALAM PEMBELAJARAN FISIKA SMK

Yuni Arfiani

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah (1) menghasilkan perangkat evaluasi kecakapan hidup untuk pembelajaran fisika, (2) mengukur validitas dan reliabilitas perangkat, (3) menentukan kepraktisan perangkat, dan (4) mendeskripsikan profil kecakapan hidup siswa SMK. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan empat tahap yaitu studi pendahuluan, perencanaan, pengembangan, dan uji coba produk. Analisis yang dilakukan meliputi uji validitas, uji reliabilitas, dan uji kepraktisan. Penelitian ini menghasilkan perangkat evaluasi yang terdiri atas pedoman evaluasi, pedoman penilaian, daftar komponen dan indikator yang akan dinilai, dan jenis instrumen. Jenis instrumen terdiri dari lembar observasi dan lembar penilaian yang memuat indikator-indikator kecakapan hidup pada komponen desicion making, wise use of resources, communication, accepting differences, self responsibility, dan problem solving. Hasil pengembangan perangkat evaluasi kecakapan hidup menunjukkan nilai validitas 88,3%, koefisien reliabilitas 0,995 dan berada pada kriteria sangat tinggi. Pengembangan perangkat evaluasi juga menunjukkan bahwa tingkat kecakapan hidup siswa SMK lebih tinggi pada kecakapan hidup generik yang lebih berkaitan dengan aspek psikomotor dan afektif daripada aspek kognitif.

Kata Kunci: Alat evaluasi, Kecakapan hidup, Pembelajaran Fisika


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24905/psej.v1i1.487

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 PSEJ (Pancasakti Science Education Journal)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


This work is licensed under a

Creative Commons License

Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.