PERANGKAT EVALUASI KECAKAPAN HIDUP DALAM PEMBELAJARAN FISIKA SMK

  • Yuni Arfiani Universitas Pancasakti Tegal
Keywords: Alat evaluasi, Kecakapan hidup, Pembelajaran Fisika

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) menghasilkan perangkat evaluasi kecakapan hidup untuk pembelajaran fisika, (2) mengukur validitas dan reliabilitas perangkat, (3) menentukan kepraktisan perangkat, dan (4) mendeskripsikan profil kecakapan hidup siswa SMK. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan empat tahap yaitu studi pendahuluan, perencanaan, pengembangan, dan uji coba produk. Analisis yang dilakukan meliputi uji validitas, uji reliabilitas, dan uji kepraktisan. Penelitian ini menghasilkan perangkat evaluasi yang terdiri atas pedoman evaluasi, pedoman penilaian, daftar komponen dan indikator yang akan dinilai, dan jenis instrumen. Jenis instrumen terdiri dari lembar observasi dan lembar penilaian yang memuat indikator-indikator kecakapan hidup pada komponen desicion making, wise use of resources, communication, accepting differences, self responsibility, dan problem solving. Hasil pengembangan perangkat evaluasi kecakapan hidup menunjukkan nilai validitas 88,3%, koefisien reliabilitas 0,995 dan berada pada kriteria sangat tinggi. Pengembangan perangkat evaluasi juga menunjukkan bahwa tingkat kecakapan hidup siswa SMK lebih tinggi pada kecakapan hidup generik yang lebih berkaitan dengan aspek psikomotor dan afektif daripada aspek kognitif.

 

Author Biography

Yuni Arfiani, Universitas Pancasakti Tegal

Prodi Pendidikan IPA FKIP Universitas Pancasakti Tegal

Jawa Tengah

References

Brown, E., Gibbs, G., Glover, C. 2003. “Evaluation tools for investigating the impact of assessment regimes on student learningâ€. BEE-j, 2

Erawan, P. 2010. “Developing Lifeskills Scale for High School Students Trough Mixed Methods Researchâ€. European Journal of Scientific Research, 47 (2): 169-186

Goudas and Giannoudis. 2008. “A Team Sports Based Lifeskills Program in a Physical Education Contextâ€. Learning and Intruction, 18: 528-536

Handayani, S. 2009. “Muatan Lifeskills dalam Pembelajaran di Sekolah: Upaya menciptakan Sumber Daya Manusia yang Bermutuâ€. Makalah. Prosiding Konferensi Internasional Pendidikan, UPI – UPSI, Malaysia

Mardani, A., et al. 2011. “Knowledge of Life Skills and Its Relationship with Mental Health in Iranian University Studentsâ€. European Journal of Social Sciences ISSN 1450-2267, 25 (4): 498-505

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Seevers, B. S, Dormody, T. J, & Clason, D. L. 1995. “Developing a Scale to Research and Evaluate Youth Leadership Lifeskills Developmentâ€. Journal of Agricultural Education, 36 ( 2): 28-34

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta

Widoyoko, E.P. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Yadaf, P., Iqbal, N. 2009. “Impact of Life Skill Training on Self-esteem, Adjustment and Empathy among Adolescentsâ€. Journal of the Indian Academy of Applied Psychology. 35: 61-70

Published
2016-10-31
Section
Articles