EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN IPA DENGAN MODEL INTEGRASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD DAN PETA KONSEP

Mukhammad Aji Fatkhurrohman

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui keefektifan pembelajaran IPA dengan menggunakan model integrasi pembelajaran kooperatif STAD dan peta konsep dibandingkan dengan model kooperatif STAD. Hasil menunjukan bahwa model integrasi pembelajaran kooperatif STAD dan peta konsep lebih efektif daripada model pembelajaran kooperatif STAD dilihat dari perolehan rata-rata nilai kognitif, persentase sikap dan aktivitas serta peningkatan hasil belajar. Berdasarkan hasil temuan, disimpulkan bahwa model integrasi pembelajaran kooperatif STAD dan peta konsep lebih efektif daripada model pembelajaran kooperatif STAD.

 


Keywords


Pembelajaran IPA, pembelajaran kooperatif STAD, peta konsep, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Baroroh, E., Hendratto, S., dan Yulianti, D. (2005).Penerapan Model Kooperatif STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 3(3): 138-142.Dahar, R.W. (2006). Teori-Teori belajar & Pembelajaran. Bandung: Erlangga.Ibrahim, M. (2000).Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Universitas negeri Surabaya Press.Ismail, M., Laliyo, L.A.R., dan Alio, L. (2013).Meningkatkan Hasil Belajar Ikatan Kimia Dengan Menerapkan Strategi Pembelajaran Peta Konsep Pada Siswa Kelas X di SMA Negeri I Telaga.Jurnal Entropi. 8(1): 522-529Lamba, H. A. (2006). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Model STAD dan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMA.Jurnal Ilmu Pendidikan. 13 (2): 122-128.Lestari, A.W. (2012).Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA SMP Berbasis Kooperatif Tipe STAD pada Tema Fotosintesis di SMP Giki-3 Surabaya. Pendidikan Sains E-jurnal. 1 ( 1) : 1-8Mulyasa, E. (2006). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.Sugandi, A. (2004). Teori Pembelajaran. Semarang: UNNES

Baroroh, E., Hendratto, S., dan Yulianti, D. (2005).Penerapan Model Kooperatif STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 3(3): 138-142.

Dahar, R.W. (2006). Teori-Teori belajar & Pembelajaran. Bandung: Erlangga.

Ibrahim, M. (2000).Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Universitas negeri Surabaya Press.

Ismail, M., Laliyo, L.A.R., dan Alio, L. (2013).Meningkatkan Hasil Belajar Ikatan Kimia Dengan Menerapkan Strategi Pembelajaran Peta Konsep Pada Siswa Kelas X di SMA Negeri I Telaga.Jurnal Entropi. 8(1): 522-529

Lamba, H. A. (2006). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Model STAD dan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMA.Jurnal Ilmu Pendidikan. 13 (2): 122-128.

Lestari, A.W. (2012).Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA SMP Berbasis Kooperatif Tipe STAD pada Tema Fotosintesis di SMP Giki-3 Surabaya. Pendidikan Sains E-jurnal. 1 ( 1) : 1-8

Mulyasa, E. (2006). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Sugandi, A. (2004). Teori Pembelajaran. Semarang: UNNES




DOI: http://dx.doi.org/10.24905/psej.v1i1.490

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 PSEJ (Pancasakti Science Education Journal)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.