EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN IPA DENGAN MODEL INTEGRASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD DAN PETA KONSEP

Mukhammad Aji Fatkhurrohman

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui keefektifan pembelajaran IPA dengan menggunakan model integrasi pembelajaran kooperatif STAD dan peta konsep dibandingkan dengan model kooperatif STAD. Hasil menunjukan bahwa model integrasi pembelajaran kooperatif STAD dan peta konsep lebih efektif daripada model pembelajaran kooperatif STAD dilihat dari perolehan rata-rata nilai kognitif, persentase sikap dan aktivitas serta peningkatan hasil belajar. Berdasarkan hasil temuan, disimpulkan bahwa model integrasi pembelajaran kooperatif STAD dan peta konsep lebih efektif daripada model pembelajaran kooperatif STAD.

Kata Kunci: Pembelajaran IPA, pembelajaran kooperatif STAD, peta konsep, hasil belajar


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24905/psej.v1i1.490

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 PSEJ (Pancasakti Science Education Journal)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


This work is licensed under a

Creative Commons License

Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.