PENGEMBANGAN PERANGKAT LIGHT SPECTRUM FILTERING CUBE UNTUK MEMBERDAYAKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI GERAK TUMBUHAN

  • Mike Dewi Kurniasih IKIP Veteran Jawa tengah
  • Diah Nugraheni IKIP Veteran Jawa tengah
  • Lenny Kurniati IKIP Veteran Jawa tengah
Keywords: LSF Cube, fototropisme, gerak tumbuhan, kemampuan berpikir kritis

Abstract

Pembelajaran IPA di SMP khususnya materi gerak tumbuhan masih kurang dapat memfasilitasi siswa untuk berpikir kritis. Perangkat yang digunakan dalam eksperimen gerak tumbuhan juga masih sangat konvensional dan belum dapat merangsang kemampuan logika dan analisis siswa. Light Spectrum Filtering Cube (LSF Cube) merupakan sebuah inovasi perangkat eksperimen untuk mempelajari fototropisme pada materi gerak tumbuhan. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui karakteristik LSFCube pada materi gerak tumbuhan 2) menguji validitas LSF Cube pada materi gerak tumbuhan dan 3) menguji keefektifan perangkat LSF Cube pada materi gerak tumbuhann untuk memberdayakan kemampuan berpikir kritis.Penelitian ini adalah penelitian riset & pengembangan (R&D). Subjek ujicoba adalah 62 siswa di SMPN 13 Semarang. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa 1) Perangkat LSF Cube yang dikembangkan memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan perangkat yang selama ini digunakan  dalam percobaan fototropisme konvensional yaitu mudah digunakan, mampu merangsang keingintahuan siswa, memungkinkan siswa untuk berhipotesis dan memanipulasi variabel-variabel yang ada 2)Produk perangkat eksperimen IPA terpadu Light Spectrum Filtering Cube (LSF Cube) yang dikembangkan valid untuk diterapkan pada materi gerak tumbuhan dengan perolehan validitas konstruk dengan skor 3,78 dan validitas isi dengan skor 3,75 3) Produk perangkat eksperimen IPA terpadu Light Spectrum Filtering Cube (SLF Cube) yang dikembangkan untuk materi gerak tumbuhan efektif untuk memberdayakan kemampuan berpikir kritis.

 

 

Author Biographies

Mike Dewi Kurniasih, IKIP Veteran Jawa tengah

Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan

IKIP Veteran Jawa tengah, Indonesia
Diah Nugraheni, IKIP Veteran Jawa tengah

Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan

IKIP Veteran Jawa tengah, Indonesia
Lenny Kurniati, IKIP Veteran Jawa tengah

Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan

IKIP Veteran Jawa tengah, Indonesia

References

Blue, J., Taylor, B. & Rice, J.Y. (2008). Full-Cycle Assesment of Critical Thinking in an Ethics and Science Course. International Journal for the Scholarship of Teaching and Learning. 2(1), 1-23

Campbell, N.A., Reece, J.B. Urry, L.A., Wasserman, S.A., Minorsky, P.V., dan Jackson, R.B. (2008). Biologi Jilid 2 (Edisi Kedelapan). Jakarta: Erlangga.

Ende E. S. (2013). Penerapan Model Preduct Observer Explain (POE) terhadap Keterampilan Proses dan Hasil Belajar Kimia pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bungku Tengah. Tesis, tidak dipublikasikan. Program Pascasarjana, Palu: Universitas Tadulako.

Gazali, A, Hidayat, H & Yuliati, L. (2015). Efektivitas Model Siklus Belajar 5E Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Sains, 3(1), 10-16

Johnson, EB. (2008). Contextual Teaching and Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Penerjemah Ibnu Setiawan. Bandung: Mizan Learning Center

Hayat, M. S., & Anggraeni, S., (2011). Practicum Based Learning on Invertebrate Concept to Students Attitude’ Scientific Attitude Development. Jurnal Penelitian. 2, 141-152.

Klimoviene, G., Urboniene, J. & Barzdziukiene, R. (2006). Developing Critical Thinking through Cooperative Learning. Studies about Languages. 9, 77-85

Koray, o & Koksal M,S. (2009). The Effect of Creative and Critical Thinking Based Laboratory Apllications on Creative and Logical Thinking Abilities of Prospective Teachers. Asian Pacific Forum on Science Learning and Teaching, 10(1), 1-11

Kurniawan, D. (2011). Pembelajaran Terpadu (Teori, Praktik dan Penilaian). Bandung: Pustaka Cendekia Utama

Lunnetta, Hofstein & Clough. (2007). The Laboratory in Science Education: The State of the Art. Chemistry Education Research and Practice, 8(2), 105-10

Mappeasse, M. Y., (2010). Pengaruh Cara dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Programmable Logic Controller ( PLC ) Siswa Kelas III Jurusan Listrik SMK Negeri 5 Makassar. Jurnal MEDTEK. 2(12), 1–6.

Mustamin, H. (2010). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Asesmen Kinerja, Lentera Pendidikan. 13, 37-38.

Prawiranata, W. (1991). Dasar-Dasar Fisiologi Tumbuhan Jilid III. Bogor: Departemen Botani Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor.

Purwanto, N. (2000). Prinsip-Prinsip dan Teknik-Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Purwendri, R. (2013). Penggunaan Media Pembelajaran dengan Program Berbasis Lectora untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar IPA Konsep Gerak Tropisme pada Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Ilmiah Guru “COPEâ€, 17 (2), 12-18

Sudjana. I.W. (2000). Metode dan Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung: Falah Production.

Sunaryo, W. (2012). Taksonomi Kognitif. Bandung: Rosda Karya.

Thiagarajan, S., Semmel, D. S & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Expectional Children. Minneapolis, Minnesota: Leadership Training Institute/Special Education, University of Minnesota

Usdalifat, S., Ramadhan, A & Suleman, S.M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Proses Siswa pada Mata Pelajaran IPA Biologi Kelas VII SMP Negeri 19 Palu. Jurnal Sains dan Teknologi Tadulako, 5 (3), 1-10

Published
2017-04-28
Section
Articles