PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI MAKHLUK HIDUP SD NEGERI KEDUNGBUNGKUS 02 KECAMATAN TARUB KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2015/2016

  • Mukson Hudi SD Negeri Kedungbungkus 02, Tegal, Jawa Tengah
Keywords: Metode Eksperimen, Motivasi, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas III SD Negeri Kedungbungkus 02 Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal dalam mata pelajaran IPA tentang makhluk hidup. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan subjek penelitian peserta didik kelas III berjumlah 25 peserta didik yang terdiri dari 12 peserta didik laki-laki dan 13 peserta didik perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah melalui pemberian soal evaluasi pada tiap siklus untuk memperoleh data hasil belajar peserta didik, sedangkan motivasi peserta didik diperoleh melalui hasil observasi pembelajaran. Proses analisis dilakukan terhadap data hasil belajar peserta didik pada kegiatan pra siklus, siklus I, dan siklus II yaitu berupa analisis nilai rata-rata, ketuntasan belajar, dan daya serap terhadap materi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi dan hasil belajar  peserta didik pada materi makhluk hidup meningkat dengan menggunakan metode eksperimen. Berdasarkan data penelitian diperoleh nilai rata-rata pada kegiatan pra siklus sebesar 56,06, siklus I sebesar 64,16, dan siklus II sebesar 72,96, sedangkan ketuntasan belajar pada kegiatan pra siklus sebesar 32%, siklus I sebesar 64%, dan siklus II sebesar 84%. Hasil ini sudah sesuai dengan target yang diharapkan peneliti yaitu ketuntasan belajar yang mencapai lebih dari 80%.

 

 

Author Biography

Mukson Hudi, SD Negeri Kedungbungkus 02, Tegal, Jawa Tengah
SD Negeri Kedungbungkus 02, Tegal, Indonesia

References

Arfiani, Yuni. (2009). “Model POE (Prediction, Observation, and Explanation) dalam Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Siswa SMA Negeri 4 Yogyakarta Kelas X Semester 2 Tahun Ajaran 2008/2009 Pokok Bahasan Temperatur dan Kalorâ€. Skripsi. Yogyakarta: FMIPA UNY

Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni. (2007). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar Ruzz Media

Haryanto. (2012). Sains untuk SD/ MI Kelas III. Jakarta: Penerbit Erlangga

Imaduddin dan Utomo. (2012). Efektifitas Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika pada Siswa Kelas VIII. Humanitas, Vol. IX No.1 Januari 2012

Ma'rifatun, D., Martini, K. S., & Utomo, S. B. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Predict Observe Explaint (Poe) Menggunakan Metode Eksperimen Dan Demonstrasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Larutan Penyangga Kelas Xi Sma Al Islam 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia, 3(3), 11-16.

Oemar Hamalik. (2008). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Olubu, O. M. (2015). Effects Of Laboratory Learning Environment On Students' Learning Outcomes In Secondary School Chemistry. International Journal of Arts & Sciences, 8(2), 507-525. Retrieved from https://search.proquest.com/docview/1677318506?accountid=62691

Restami, M. P., Suma, K., & Pujani, M. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Poe (Predict-Observe-Explaint) Terhadap Pemahaman Konsep Fisika dan Sikap Ilmiah Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan IPA, 3(1).

Roestiyah. (2001). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Sardiman. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Grafindo

Spencer, T. L. and Tracy, M.W. (2009). Cretaing a Love for Science for Elementary Students through Inquiry-based Learning, Journal of Virginia Science Education, 4: 18-25

Suparna. (2003). Pengantar Dasar-dasar Kependidikan. Surabaya: Usaha Nasional

Supriyadi. 2006. Manajemen dan Teknologi Pembelajaran IPA Fisika. Yogyakarta: Jurdik Fisika FMIPA UNY

Udi Lusiyati. (2003). “Penggunaan Alat peraga IPA (Fisika) Sederhana Dengan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Aktivitas dan pemahaman Konsep Usaha Oleh Siswa SLTP.†Skripsi. Yogyakarta: FMIPA UNY

Zaman, T. U., Bhatti, R. U., & Ghias, F. (2012). Effectiveness Of Pre-Labs At Secondary School Level Chemistry Lab. Pakistan Journal of Science, 64(1), 16-19. Retrieved from https://search.proquest.com/docview/1375250438?accountid=62691

Published
2017-04-28
Section
Articles