PENINGKATAN KOMPETENSI PEMISAHAN CAMPURAN MELALUI PEMBELAJARAN TAYANG FILM DORAEMON PADA KELAS VII F SEMESTER 1 SMP NEGERI 10 KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Alishan Rian Darmawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kompetensi belajar peserta didik kelas VII F semester 1 SMP N 10 Tegal tahun pelajaran 2016/2017 dalam pembelajaran materi pemisahan campuran dengan model pembelajaran  Tayang Film DORAEMON. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan di kelas VII F SMP N 10 Tegal. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi, tes, dokumentasi, angket, dan wawancara. Data hasil belajar dan partisipasi siswa dalam pembelajaran dan ketrampilan dalam praktikum dianalisis dengan menggunkan teknik deskripsi kuantitatif, sedangkan data pelaksanaan pembelajaran dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa penilaian aspek efektif mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari data obsevasi koooperatif siswa dalam bentuk partisipasi dan aktivitas siswa antar siklus mengalami peningkatan sebesar 42,30 %. Peningkatan motivasi juga diikuti dengan peningkatan ketrampilan siswa dalam praktikum yang hasil nilai rata rata siklus 1 dan 2 adalah 83, serta hasil belajar siswa yang dapat dilihat dari rata-rata nilai tes pada beberapa pertemuan pada tiap siklus mengalami peningkatan rata-rata sebesar 34,6% . Sebelum penelitian ketuntasan belajar klasikal hanya 19,23 %, pada siklus I meningkat menjadi 50 %, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 88,46 % . Peningkatan hasil belajar tidak hanya pada aspek kognitif, tetapi juga pada aspek afektif dan psikomotorik. Pada aspek afektif ditunjukkan oleh semakin berkembangnya ketrampilan kooperatif siswa dan pada aspek psikomotorik ditunjukkan oleh kemampuan siswa dalam memecahkan masalah pemisahan campuran melalui praktikum dan mempresentasikan dari hasil diskusi kerja kelompoknya.

 

Kata Kunci: Film Doraemon, Pemisahan Campuran, Peningkatan Kompetensi Belajar


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24905/psej.v2i1.657

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 PSEJ (Pancasakti Science Education Journal)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


This work is licensed under a

Creative Commons License

Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.