UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI KEGIATAN TUTOR SEBAYA DALAM PENGAJARAN REMEDIAL MATERI GETARAN DAN GELOMBANG DI KELAS VIII C SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2015/2016 SMP NEGERI 1 PANGKAH KABUPATEN TEGAL

Ritaningsih Ritaningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah tutor sebaya dalam pengajaran remedial dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan untuk mengetahui apakah tutor sebaya dalam pengajaran remedial dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah  penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Pangkah Kabupaten Tegal. Subyek yang diteliti adalah seluruh siswa kelas VIII C di SMP Negeri 1 Pangkah tahun pelajaran 2015/2016. Siswa yang mendapat nilai kurang dari 76 sebagai peserta remedial. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasn nilai rata- rata kelas pada siklus I adalah 79,0 dan nilai rata-rata kelas pada siklus II adalah 89,5.Sedangkan partisipasi siswa dalam pembelajaran, kekompakan dan keberanian siswa bertanya dapat ditumbuh kembangkan. Hal ini dapat dilihat dari pengamatan aktifitas siswa pada siklus I adalah 40,74 % atau kategori aktif dan siklus II adalah 80 % atau kategori sangat aktif. Jadi dapat disimpulkan melalui kegiatan tutor sebaya dalam pengajaran remedial materi getaran dan gelombang di kelas VIII C tahun pelajaran 2015/2016 SMP Negeri 1 Pangkah Kabupaten Tegal dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

 


Keywords


motivasi, pengajaran remedial, metode tutor sebaya

Full Text:

PDF

References


Anonim. (1997). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Anni, Tri, Catharina, dkk. (2004). Psikologi Belajar. Semarang: UPT UNNES Press.

Astuti, M., Suyatna, A., & Viyanti, V. (2014). Pemanfaatan Media TIK Tutorial untuk Remedial pada Pembelajaran Alat Ukur di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 2(3).

Chrisnajanti, W. (2002). Pengaruh Program Remedial terhadap Ketuntasan Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur, 1(1), 81-86.

Dimyati dan Mudjiono. (1999). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2000). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah. Syaiful Bahri. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineksa Cipta.

Mawarni, E., Mulyani, B., & Yamtinah, S. (2014). Penerapan Peer Tutoring Dilengkapi Animasi Macromedia Flash Dan Handout Untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas Xi Ipa 4 Sman 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014 Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan. Jurnal Pendidikan Kimia, 4(1), 29-37.

Pulungan, A. H. (2005). Pengaruh Metode Pembelajaran Remedial dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMP Negeri 35 Medan (Doctoral dissertation, UNIMED).

Saiful Karim, dkk. (2008). Belajar Ipa Membuka Cakrawala Alam Sekitar Kelas VIII SMP. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Sanubari, F., Yamtinah, S., & Redjeki, T. (2014). Penerapan metode pembelajaran tutor teman sebaya dilengkapi dengan media interaktif flash untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Sukoharjo tahun pelajaran 2013/2014 pada materi larutan penyangga. Jurnal Pendidikan Kimia, 3(4), 145-154.

Sari, R., Djudin, T., & Oktavianty, E. (2016). Pengaruh Pembelajaran Remedial Disertai Umpan Balik terhadap Hasil Belajar pada Materi Gaya di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(12).

Slamet, S. (2015). Pembelajaran Remedial untuk Meningkatkan Ketuntasan Belajar Siswa (Studi Kasus Siswa Kelas VI SDN Genengan 2 Pada Pembelajaran Matematika “FPB Dan KPK”). AN-NUHA: Jurnal Kajian Islam, Pendidikan, Budaya dan Sosial, 2(1), 97-117.

Suhito. (1986). Diagnosis Kesulitan Belajar dalam Pengajaran Remidial. Semarang: FMIPA IKIP Semarang.

Surya, Moh. (2001). Pengajaran Remedial. Jakarta: Depdikbud.

Suryo, Moh dan Moh. Amin. (1982). Pengajaran Remedial. Jakarta: Depdikbud P2BSPG. Jakarta.Tahun V Repelita III.

Tim MGMP SMP Negeri Kabupaten Blitar. (2009). IPA Fisika 8. Blitar: MGMP Kab.Blitar.




DOI: http://dx.doi.org/10.24905/psej.v2i1.679

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 PSEJ (Pancasakti Science Education Journal)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.