Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa

Desi Novita Anggun Sari, Ani Rusilowati, Murbangun Nuswowati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kemampuan literasi sains siswa yang memperoleh pembelajaran proyek berbantuan modul bila dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran ceramah disertai percobaan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA di Pontianak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan data kemampuan literasi sains dilakukan dengan menggunakan instrumen tes yang telah divalidasi ahli dan diuji reliabilitasnya. Rata-rata kemampuan literasi sains siswa yang memperoleh pembelajaran proyek pada penelitian ini adalah 433, sedangkan rata-rata kemampuan literasi sains siswa yang memperoleh pembelajaran ceramah disertai percobaan adalah 263. Profil kemampuan literasi sains siswa menunjukkan bahwa pembelajaran proyek berbantuan modul lebih baik pengaruhnya terhadap kemampuan literasi sains siswa dibandingkan pembelajaran ceramah disertai percobaan. Kemampuan menjelaskan fenomena ilmiah pada kedua kelompok siswa dalam penelitian ini lebih tinggi dibandingkan dua kompetensi literasi sains lainnya yaitu kemampuan mengevaluasi dan merancang penyelidikan ilmiah serta kemampuan menafsirkan data dan bukti ilmiah.

Kata Kunci: Literasi sains, Pembelajaran berbasis proyek.

Full Text:

PDF

References


Aiedah, A.K., & Lee, K.C. (2012). Application of Project-Based Learning in Students’ Engagement in Malaysian Studies and English Language. Journal of Interdisciplinary Research in Education (JIRE), 2 (1) : 37-46, ISSN 2232-0180.

Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara. 74-100.

Asyhari, A., & Hartati, R. 2015. Profil Peningkatan Kemampuan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran Saintifik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika ‘Al-BiRuNi’, 4(2): 179-191. P-ISSN: 2303-1832.

Budiningsih, T. Y., Rusilowati, A., & Marwoto, P. (2015). Pengembangan Buku Ajar IPA Terpadu Berorientasi Literasi Sains Materi Energi dan Suhu. Journal of Innovative Science Education, 4(2).

Dani, D. (2009). Scientific Literacy and Purposes for Teaching Science : A Case Study of Lebanese Private School Teacher. International Journal of Enviromental & Science Education. 4 (3): 289-299.

Dewi, F. (2015). Proyek Buku Digital: Upaya Peningkatan Keterampilan Abad 21 Calon Guru Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek. Metodik Didaktik, 9(2):1-15.

Gormally, C., Peggy B., & Mary L. (2012). Developing a Test of Scientific Literacy Skills (TOLS): Measuring Undergraduates‘ Evaluation of Scientific Information and Argumens. CBE-Life Sciences Education, 11:364-377.

Hidayani, F., Rusilowati, A., & Masturi, M. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Literasi Sains Materi Fluida Statis. Unnes Physics Education Journal, 5(3).

Halvorsen, A.L, Duke, N.K., Brugar, K., Block, M., Strachan, S., Berka, M., & Brown, J. (2012). Narrowing the Achievement Gap in Second-Grade Social Studies and Content Area Literacy: The Promise of a Project-Based Approach. Michigan State University.

Hixson, N.K., Ravitz, J., & Whisman, A. (2012). Extended Professional Development in Project-based Learning: Impacts on 21st Century Teaching and Student Achievement. Charleston, WV: West Virginia Department of Education, Division of Teaching and Learning, Office of Research.

Jagantara, I.M.W, Adnyana, P.B., & Widiyanti, N.L.P.M. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) terhadap Hasil Belajar Biologi Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Sma. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4:1-13.

Juntunen, M. & Aksela, M. (2013). Life-Cycle Thinking in Inquiry-Based Sustainability Education – Effects on Students’ Attitudes towards Chemistry and Environmental Literacy. CEPS Journal. 3(2): 157-179.

Kurnia, F., Zulherman, & Fathurohman, A. (2014). Analisis Bahan Ajar Fisika SMA Kelas XI di Kecamatan Indralaya Utara Berdasarkan Kategori Literasi Sains. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 1(1):43-47,ISSN : 2355-7109.

McCright, A.M. (2012). Enhancing Students Scientific and Quantitative Literacies Through An Inquiry-Based Learning Project on Climate Change. Journal of the Scholarship of Teaching and Learning, 12(4):86 – 102.

OECD. (2013). PISA 2015 Draft Scince Framework March 2013. www.oecd.org. Diakses 5 Desember 2016.

OECD. (2016). PISA 2015 Results in Focus.https://www.oecd.org/pisa/pisa-2015-results-in-focus.pdf. Diakses 20 Desember 2016.

Rizkita, L., Suwono, H., dan Susilo, H. (2016). Analisis Kemampuan Awal Literasi Sains Siswa SMA Kota Malang. Prosiding Seminar Nasional II Tahun 2016 Kerjasama Prodi Pendidikan Biologi FKIP dengan Pusat Studi Lingkungan dan Kependudukan (PSLK) Universitas Muhammadiyah Malang. 771-781.

Robinson, J.K. (2013). Project Based Learning : Improving Student Engagement and Performance in The Laboratory”. Anal Bional Chem, 405 :7-13. Springer

Roessingh, H., & Chambers, W. (2011). Project-Based Learning and Pedagogy in Teacher Preparation: Staking Out the Theoretical Mid-Ground. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education 2011, 23(1):60-71. ISSN 1812-9129

Rusilowati, A. (2013). Peningkatan Literasi Sains Siswa melalui Pengembangan Instrumen Penilaian. Pidato Pengukuhan Profesor Unnes Semarang.

Rusilowati, A., Kurniawati, L., Nugroho, S. E., & Widiyatmoko, A. (2016). Developing an Instrument of Scientific Literacy Assessment on the Cycle Theme. International Journal of Environmental and Science Education, 11(12): 5718-5727.

Safitri, A.D., Rusilowati, A., & Sunarno. (2015). Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu Berbasis Literasi Sains Bertema Gejala Alam. Unnes Physics Education Journal, 4 (2):32-40.

Sastrika, I.A.K, Sadia, I.W., & Muderawan, I.W. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Pemahaman Konsep Kimia dan Keterampilan Berpikir Kritis. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA, 3.

Tasiwan. (2015). Efek Pembelajaran Berbasis Proyek Terbimbing terhadap Perkembangan Keterampilan Proses dan Sikap Sains Siswa. Berkala Fisika Indonesia, 7(2):39-48.

Thomas, J. W. (2000). A Review of Research on Project Based Learning. http://www.Bie.org/Research/Study/review_of_project_based_learning_2000. Diakses 8 November 2016.

Tjalla, A. (2008). Potret Mutu Pendidikan Indonesia Ditinjau dari Hasil-Hasil Studi Internasional. Jurnal Ilmiah Psiko-Edukasi, 6(2):100-120.

Tseng, K.H, Chang, C.C., Lou, S.J., & Chen, W.P. (2013). Attitudes Towards Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) in A Project-Based Learning (Pjbl) Environment. International Journal of Technology and Design Education , 23 (1) :87-102 , ISSN 0957-7572.

Uziak, J. (2016). A Project Based Learning Approach in An Engineering Curriculum. Global Journal of Engineering Education. 18(2): 119-123.

Yuliyanti, T.E.& Rusilowati, A. (2014). Analisis Buku Ajar Fisika SMA Kelas XI Berdasarkan Mua-tan Literasi Sains di Kabupaten Tegal. Unne¬s Physics Education Journal, 3(2): 68-72.




DOI: http://dx.doi.org/10.24905/psej.v2i2.741

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 PSEJ (Pancasakti Science Education Journal)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


This work is licensed under a

Creative Commons License

Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.